SUMSEL RAYA

PLTU Sumsel 8 Terbakar

PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim terbakar, Jumat (2/7/2021) sore. (Foto : Tangkapan Layar)
PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim terbakar, Jumat (2/7/2021) sore. (Foto : Tangkapan Layar)

I MUARA ENIM - Api yang diduga dari petugas welder tengah melakukan pengelasan bagian bangunan peredam suara mengakibatkan PLTU Tanjung Lalang atau PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim terbakar, Jumat (2/7/2021) sore.

Akibat hantaran panas yang ditimbulkan saat petugas tengah melakukan pengelasan menyambar dengan cepat material di lokasi sehingga menimbulkan kebakaran.

Api las yang menimbulkan panas, tiba-tiba menyambar alat peredam suara yang materialnya stereofoam dan glasswall sehingga menyebabkan kebakaran. Namun untung, tim pemadam kebakaran PLTU Sumsel 8 sigap sehingga api bisa dilokalisir dan dipadamkan sehingga tidak merambat ke gedung lain.

Ketika dikonfirmasi ke bagian Humas PLTU Sumsel 8, Giana, membenarkan adanya kejadian kebakaran tersebut. Penyebabnya, kata dia, ada pekerja yang sedang mengelas dibagian peredam suara, diduga menyebabkan panas dan akhirnya menimbulkan api dan membakar material peredam suara yang mudah terbakar seperti stereofoam dan glasswall.


"Kebakaran berlangsung sekitar 15 menit,"ujar bagian humas Giana.


Proyek PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 ini telah dikerjakan sejak Juni 2018 PT Huadian Bukit Asam Power (PT HBAP) yang merupakan anak perusahaan PTBA. Sebagai Independent Power Producer (IPP), proyek ini dibangun dengan nilai investasi US$ 1,68 Milyar

Editor: Beni Martha Daya