SUMSEL RAYA

Deru Beri Tips Jadi Pemimpin Kepada Para Siswa

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru saat memberikan tanda peserta latihan kepemimpinan siswa angkatan XII Se Kabupaten OKU Timur. (foto : Diskominfo)
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru saat memberikan tanda peserta latihan kepemimpinan siswa angkatan XII Se Kabupaten OKU Timur. (foto : Diskominfo)

I OKU Timur - Menjadi seorang pemimpin yang sukses seseorang itu haruslah konsisten atau istiqomah terhadap potensi dirinya sendiri. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru saat memberikan sambutan pada acara Latihan Kepemimpinan Siswa Angkatan XII se Kabupaten OKU Timur dan hari ulang tahun IKA LKS OKUT ke-12, Kamis (8/7).

Dirinya mencontohkan saat ia muda memilih melepaskan NIP nya secara terhormat karena merasa potensi diri sesungguhnya adalah berdagang.

" Orang kaget dan khawatir termasuk mertua Saya. Tapi Saya yakin alhamdulillah sekarang justru bisa jadi seperti ini. Kalau dulu Saya pilih meneruskan jadi ASN mungkin jabatan Saya sekarang baru Sekretaris Dinas," ujar HD mencontohkan.

Kemudian lanjut HD untuk menjadi pemimpin seseorang itu juga harus konsisten menjaga image baiknya.

" Yang ketiga speed, setelah kita mencermati apa yang harus kita kembangkan kita juga harus cepat memutuskan. Dan orang-orang sukses itu rata-rata memiliki speed yang tinggi," ujar HD memberikan tips-tips menjadi seorang pemimpin.


Lebih jauh HD mengatakan bahwa  kepemimpinan atau leadership itu terdiri dari beberapa jenis. Ada yang memang sudah menjadi bakat sejak kecil, ada juga yang muncul karena sering diasah bahkan ada juga yang muncul karena situasi yang terdesak.

Sebagai calon pemimpin di masa depan, HD mengingatkan agar para siswa itu mulai mempelajari dan sadar diri mengenai apa yang akan dipimpinnya. Sehingga tidak tumpang tindih satu dengan lainnya. 

Editor: Beni Martha Daya