SUMSEL RAYA

Pendaftaran Vaksinasi Massal Anak Over Target

Dirut RSUP Muhammad Hoesin, dr Bambang Eko Subaryanto. (foto : Rachmad)
Dirut RSUP Muhammad Hoesin, dr Bambang Eko Subaryanto. (foto : Rachmad)

I Palembang - Pendaftaran Vaksinasi Massal Anak di RSUP Muhammad Hoesin over target dimana ditargetkan sebanyak 3000 peserta namun yang mendaftar secara online mencapai 3086 peserta. Membludak peserta yang mendaftar ini membuat panitia menutup sementara pendaftaran vaksinasi massal hingga peserta yang telah mendaftar di suntik vaksin Covid 19.

Dirut RSUP Muhammad Hoesin, dr Bambang Eko Subaryanto mengatakan tingginya animo masyarakat membuat RSMH harus membatasi jumlah peserta vaksin. Dalam hari ini saja pihaknya mencatat jumlah pendaftar 3.086 orang sedangkan anak-anak dan remaja hanya 30-40 persennya saja. Bambang menjelaskan hari ini pihaknya akan menyelesaikan vaksinasi kepada 1.100 pendaftar vaksin anak dan dewasa. 

"Dari 3000 an itu sisanya kita selesaikan di hari Senin-Jumat pukul 8 pagi hingga 3 sore, satu harinya kami batasi hanya 400 mengingat kesanggupan RSMH. Kami mohon maaf kepada masyarakat yang vaksinasinya harus di reschedule lagi, " ungkap dia, Sabtu (10/7/2021).

Untuk saat ini pendaftaran vaksinasi di RSMH sudah ditutup sampai menyelesaikan jumlah pendaftar di hari ini. Pihaknya juga akan mengantisipasi lonjakan pendaftar dengan menyediakan lokasi yang lebih luas. 

"Kalau 3.086 orang ini sudah selesai divaksin, barulah pendaftaran online vaksinasi dibuka lagi, " pungkasnya


Membludaknya peserta vaksinasi massal anak disebabkan bukan hanya anak-anak yang mendaftar akan tetapi orang dewasa juga ramai mendatangi lokasi untuk di vaksinasi.

Ketua Panitia Vaksinasi massal RSUP Muhammad Hoesin, Sudarto mengatakan vaksinasi massal anak ini awalnya hanya ditujukan untuk usia 12 hingga 18 tahun, namun saat pelaksanaannya tidak hanya anak dan orang tua yang mendampingi anaknya untuk di vaksinasi akan tetapi orang dewasa juga berdatangan untuk mendapatkan jatah vaksinasi.

"Pagi tadi semuanya berjalan lancar akan tetapi lama-kelamaan mulai ramai diluar perkiraan kami, yang mendaftar malahan di luar usia anak. Bahkan ada yang datang tidak membawa anak, " ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada masyarakat yang belum mendaftar diri secara online untuk pulang dan akan menjadwalkan ulang bagi masyarakat yang telah mendaftar di lokasi.

Editor: Beni Martha Daya