SUMSEL RAYA

Lulus SMA Tahun Ini Belum Bisa Ikut CPNS

Ilustrasi Test CPNS. (foto : IST)
Ilustrasi Test CPNS. (foto : IST)

| Palembang - Pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK telah dibuka hingga 21 Juli mendatang. Formasi CPNS di Provinsi Sumsel adalah 28.826, dengan jumlah pendaftar lebih dari 35 ribu.

Pendaftar CPNS dan PPPK memiliki syarat, yakni lulusan SMA/SMK/MA dan perguruan tinggi. Sedangkan di sejumlah Kementerian membuka seleksi CPNS bagi lulusan SMA/SMK/MA.

Lantas bagaimana calon pelamar CPNS yang baru saja lulus SMA Tahun ini, dan belum memiliki Ijazah?.

Kepala BKN Kanreg VII Palembang Margi Prayitno menerangkan, bagi calon pendaftar yang belum memiliki ijazah tidak bisa mengikuti seleksi CPNS.

"Iya kalau belum keluar ijazah belum bisa ikut CPNS. Harus ada ijazah, " kata Margi, Minggu (11/7/2021).


Para pendaftar harus benar-benar memerhatikan dan mengikuti alur dengan benar serta menyiapkan terlebih dulu syarat yang diminta. Kemudian calon peserta masuk lewat website ssasn.bkn.go.id.

"Lalu pilih menu CPNS. Kemudian pilih membuat akun, karena sebelum mendaftar pelamar harus harus membuat akun SSCASN," katanya. 

Setelah mendaftar di website resmi seleksi CPNS 2021 pada laman SSCASN peserta disilakan isi data diri menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga. 

Setelah semua tahap pembuatan akun selesai pendaftar bisa mencetak kartu pembuatan akun dan bisa melanjutkan ke tahapan pendaftaran. Pada tahap ini pendaftar diminta memberikan syarat seperti Ijazah, Akreditasi BAN-PT dan Transkrip Nilai pendidikan terakhir. 

Berikut syarat pendaftaran CPNS untuk lulusan SMA/SMK/MA:

1. Berkelakuan baik

2. Bebas narkoba Warga Negara Indonesia (WNI)

3. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI

4. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun

5. Tidak pernah dipidana (dengan pidana penjara) karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap

6. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atas permintaan sendiri maupun diberhentikan secara tidak hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota kepolisian RI, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai karyawan swasta

7. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), PNS, Prajurit TNI atau anggota Kepolisian RI

8. Bukan siswa ikatan dinas pemerintah

9. Memiliki nilai dalam ijazah atau NEM, SKHU dan lain-lain yang setara dengan ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) dengan rata-rata minimal 7.00 (tujuh koma nol nol)

10. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik maupun terlibat kegiatan politik praktis

11. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatan yang disyaratkan

12. Dinyatakan sehat jasmani dan rohani sesuai dengan syarat jabatan yang dilamar

13. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI maupun wilayah negara lain.

Editor: Beni Martha Daya