SUMSEL RAYA

Omset Pedagang Hewan Kurban Tahun Ini Sepi

Beberapa hewan kurban yang dijajakan Hasan di Tanjung Beringin kecamatan Tebing Tinggi kabupaten Empat Lawang. (Foto: Faris)
Beberapa hewan kurban yang dijajakan Hasan di Tanjung Beringin kecamatan Tebing Tinggi kabupaten Empat Lawang. (Foto: Faris)

infosumsel.ID | Empat Lawang -Memasuki H-1 hari Raya Idul Adha 1442 H untuk pembelian hewan kurban di Tebing Tinggi belum mengalami peningkatan.

Seperti halnya diakui oleh Hasan Basri,  warga Tanjung Beringin, yang sudah puluhan tahun berkencimpung di jual beli hewan kurban.

Hasan mengatakan, meski lebaran kurban besok, pembeli hewan kurban belum ada peningkatan masih seperti hari hari biasa. Biasanya kalau sudah dekat ini penjualannya sudah meningkat.

"Dalam bulan ini saja, penjualan hewan kurban masih sepi, cuma laku beberapa puluh ekor saja," ungkapnya.

Dikatakannya, harga satu ekor sapi kurban yang dia jual, yakni Rp15 juta sampai Rp16 juta, tergantung besar kecil, tua mudanya hewan kurban yang dibeli. Sedangkan untuk harga kambing dipatok mulai dari harga Rp2 juta sampai Rp4 juta.


"Harga per ekornya ada yang Rp15 juta dan ada juga yang Rp16 juta, itu tergantung kondisi sapi. Biasanya kalau sapi betina dan sapi jantan berbeda ukuran dan berat. Lebih besar lah tubuh yang jantan dari pada betina, itu lah yang membedakan hargannya," terangnnya.

Ia menyampaikan, untuk pembelinnya mayoritas banyak dari kota luar Empat Lawang.

"Banyak dari luar kota pembelinya, seperti dari Kecamatan Pendopo dan Pagaralam, mereka membeli secara pribadi bukan berkelompok. Tapi kalau di Tebing Tinggi, kebanyakan mereka membeli dengan sistem arisan keluarga, kantoran, ataupun kelurahan, jadi sangat bedalah pembelinya, yang kebanyakan dari luar Tebing Tinggi," terangnya.

Diperkirakan untuk omset yang ia dapat dalam satu bulan terakhir ini, sekitar puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah.

Editor: Yuliani