SUMSEL 24

Dituduh Curi Getah Malah Tebas Tangan Sesama Petani

Pelaku Andika saat diamankan Polsek Muara Kuang. (Foto: ist)
Pelaku Andika saat diamankan Polsek Muara Kuang. (Foto: ist)

infosumsel . ID | Ogan Ilir -Seorang Petani Karet yang telah ditetapkan sebagai tersangka dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) pada Rabu (21/07/2021) sekitar pukul 17.00 WIB berhasil oleh pihak berwajib.

Adapun pelaku tindak pidana berdasarkan Pasal 351 KUHP dengan tersangka bernama Andika (31) warga Desa Srikembang Kecamatan Muara kuang Kabupaten Ogan Ilir (OI).

diperhatikan karena para pewarta masalah yang dilakukanya kepada sesama rekan rekan karet bernama Eryadi (34) pada Jumat (4/10/2019) Lalu, sekira pukul 10.30 WIB, di kebun milik salah seorang warga bernama Zauti di desa tersebut.

Berdasarkan Keterangan Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandy SH melalui Kapolsek Muara Kuang Ipda Mansyur kejadian bermula ketika tersangka Andika mendatangi korban Eryadi lantas Andika menanyai dan meminta kepada Korban Eryadi agar jangan lagi mengambil Getah karet miliknya.

Tidak terima dituduh kalau dirinya mengambil getah karet tersebut Eryadi pun protes, hingga terjadilah cekcok mulut antar kedua petani karet tersebut.


“Cek-cok mulut karena tidak terima dituduh ini sebagai orang yang telah mengambil getah karet milik tersangka. Dan ketika mendengar jawapan korban tidak sesuai dengan kemauanya lantas tersangka Andika mengibaskan golok di tanganya hingga menyebabkan luka robek pada jari telunjuk korban,” terang Mansyur.

Merasa dirinya menjadi korban penganiayaan lantas Eryadi pada tahun 2019 lalu membuat laporan polisi.

“Atas kejadian itu lantas korban Eryadi ditemani saksi yang juga rekanya sesama petani karet yakni M.Yamin(38)Majid (36) membuat laporan Polisi, ketika hendak kita amankan ternyata tersangka sudah melarikan diri,” terangnya

Dikatakan Mansyur kemudian pada Rabu (21/07/2021) pihaknya dapat menangkap pelaku tanpa perlawanan di kediamanya.

“Kemaren kami mendapatkan informasi bahwa tersangka pulang ke rumahnya, lantas kami lakukan penangkapan di rumah tersangka denga tanpa perlawanan,” paparnya.

Adapun barang bukti yang diamankan dari tangan tersangka yakni 1 bilah senjata tajam jenis parang dengan panjanng lebih kurang 35 cm bertuliskan nama RODI bergagangkan kayu warna coklat.

Editor: Yuliani