SUMSEL RAYA

Deru Resmikan Tujuh Desa Terjauh Dialirkan Listrik

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru saat meresmikan tujuh desa di empat Kabupaten dialirkan listrik. (foto : Diskominfo)
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru saat meresmikan tujuh desa di empat Kabupaten dialirkan listrik. (foto : Diskominfo)

I Muaraenim - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru resmikan tujuh desa terjauh dari jaringan listrik di empat Kabupaten di Sumsel yakni Muara Enim, Oku Selatan, OKI dan Banyuasin. Peresmian yang dipusatkan di Desa Pelakat Kecamatan Semendo Darat Ulu untuk Kabupaten Muara Enim, Selasa (27/7/2021).

Dikatakan Deru, Semendo Raya memiliki kekayaan alam yang dapat dieksplore sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

"99 % dari 3500 Desa Kelurahan di Sumsel sudah tercover listrik. Sumsel Lumbung Energi, jika daerah di Sumsel tak dialiri listrik, maka tidak akan mendukung program tersebut. Listrik juga mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan listrik segala sendi kehidupan akan berjalan dengan baik, " ujarnya.

Lanjutnya, Kopi semendo terkenal rasanya, tapi karena cara petik, jemur dan pengolahannya masih tradisional dan beragam maka kopi semendo dibawa keluar Sumsel dengan brand/merek yang berbeda.

"Kopi nanti bisa di Ekspor langsung dari Sumsel melalui Pelabuhan Tanjung Carat yang nantinya akan menjadi pelabuhan Ekspor berbagai Komoditas Sumsel.


Selain Peresmian Jaringan Listrik, HD juga menyerahkan Bantuan Sosial kepada Masyarakat yang Terdampak Covid-19 di Semendo Raya sebanyak 6 Ton Beras.

Perhatian khusus juga disampaikan HD terhadap Pertanian dan kepada Dinas terkait untuk memberikan Bantuan Alat Pertanian agar Semendo dapat menjadi daerah penyanggah Pertanian.

Dikesempatan yang sama, HD juga meresmikan Kampung Malaka di Kecamatan Gelumbang yang akan dijadikan destinasi kampung wisata dan didukung PLN.

Pj. Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar senang karena 3 Desa di Muara Enim yaitu Desa Pelakat, Tanjung Gerak dan Tanjung Agung yang selama ini listrik ya Mikro hydro skrg sdh dialiri PLN. Hal tersebut dapat menumbuhkan semangat baru warga dalam pemanfaatan listrik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sesuai dengan tujuan Sumsel untuk Energi yg berkeadilan.

Editor: Beni Martha Daya