SUMSEL RAYA

Deru Minta Semendo Jadi Daerah Penyangga Pangan

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat panen padi di Desa Pelakat Kecamatan Semende Ulu Darat Kabupaten Muaraenim. (foto : Diskominfo)
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat panen padi di Desa Pelakat Kecamatan Semende Ulu Darat Kabupaten Muaraenim. (foto : Diskominfo)

I Muaraenim - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru meminta semendo menjadi salah satu daerah penyangga pangan Sumsel. Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumsel H Herman Deru saat melakukan panen padi di Desa Pelakat Kecamatan Semende Ulu Darat Kabupaten Muara Enim, Selasa (27/7/2021).

Dikatakan Deru, Padi di dataran tinggi tersebut diakunya memiliki kelebihan tersendiri, yaitu tinggi padi ini lebih dari 150 cm. Bahkan menurutnya, padi yang bernama jamba teras tersebut memiliki kualitas sangat baik.
.
"Kualitasnya bagus, pulen dan harum. Kita tidak menyangka sawah di atas perbukitan ini memiliki kualitas padi yang luar biasa. Saya minta ini dikembangkan sehingga sawah di kawasan ini juga turut menjadi kawasan penyangga pangan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Deru juga melakukan panen kopi di perkebunan kopi yang terletak di Desa Pelakat Kecamatan Semendo Darat Ulu Kabupaten Muara Enim.

Pada kesempatan itu HD menyempatkan minum kopi Robusta yang ditanam dari Tahun 1938 yang merupakan kopi Asli Semendo. Dirinya berharap kopi yang dinamai Kopi Padang  tersebut dapat menjadi andalan komoditas ekspor.


Editor: Beni Martha Daya