SUMSEL RAYA

Pelamar PPPK Non Guru Paling Sedikit

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lahat Drs M Aries Farhan M.Si. (Foto : Ismail)
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lahat Drs M Aries Farhan M.Si. (Foto : Ismail)

I Lahat - Pelamar PPPK non Guru di Kabupaten Lahat paling sedikit. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lahat Drs M Aries Farhan M Si melalui Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Formasi Aparatur, Guntur Martandy SSTP M Si kepada wartawan, Rabu (28/7/2021).

Dikatakan hingga tutup pendaftaran pada 27 Juli 2021, jumlah pelamar yang sudah masuk kisaran 6000 an pelamar baik CPNS, PPPK guru maupun PPPK non Guru. 

"Jumlah pelamar yang sudah submit untuk Pelamar CPNS sekitar 4300 peserta, sedangkan PPPK non Guru sekitar 200 peserta dan PPPK Guru sekitar 2400 peserta," rinci Guntur, Rabu (28/7/2021).

Diakui oleh Guntur, memang untuk pelamar PPPK Non Guru pelamar hanya sedikit karena formasi memang sedikit hanya untuk pertanian dan tenaga kesehatan total 41 formasi beda dengan CPNS dan PPPK Guru. 

"Memang sedikit tidak banyak saingannya. Memang yang banyak pilihan ialah CPNS," ujar Guntur. 


Saat ini dilanjutkan Guntur, tim dari BKPSDM tengah melakukannya verifikasi berkas untuk CPNS namun untuk PPPK Guru dari kementerian langsung yang melakukan verifikasi mengingat syaratnya cukup banyak beda dengan CPNS. 

"Untuk pengumuman seleksi berkas sendiri akan di umumkan pada tanggal 2-3 Agustus 2021 nanti dan ada masa sanggah," kata Guntur. 

Ditambahkan Guntur, untuk pelaksanaan tes CPNS dan PPPK sendiri masih belum ada petunjuk dari BKN Pusat,  namun yang jelas untuk lokasi tes tidak dilakukan di Kabupaten Lahat melainkan ikut petunjuk dari BKN di Kota Palembang. 

"Untuk tes CPNS Kabupaten tidak mandiri, ada beberapa kota dan Kabupaten yang melakukan tes secara mandiri seperti Kota Lubuklinggau dan Muara Enim," tambah Guntur. 

Editor: Beni Martha Daya