SUMSEL RAYA

Sumsel Segera Bangun Pos Pengisian Oksigen Gratis

Pengiriman oksigen dari Sumsel. (Foto: ist)
Pengiriman oksigen dari Sumsel. (Foto: ist)

| Palembang -Gubernur Sumsel, Herman Deru memastikan ketersediaan oksigen bagi warga Sumsel dalam kondisi aman. Hal itu berdasarkan hasil  pantauannya di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Rabu (28/7) malam. 

“Bagi yang bertanya terkait dengan stok ketersediaan oksigen, maka saya katakan stok  kita berlimpah ruah. Jadi jangan khawatir akan kekurangan oksigen,” ungkapnya.

Ketersediaan tersebut, jelas Herman Deru, karena PT Pusri, Sinarmas dan Ligasin terus melakukan produksi pasokan oksigen. Bahkan Herman Deru akan  mendirikan pos pengisian oksigen  gratis diperuntukkan bagi warga Sumsel yang membutuhkan oksigen yang lokasinya direncanakan akan  berpusat di PT Pusri Palembang. 

“Nanti silahkan warga yang membutuhkan oksigen, bawa tabung ke Pusri.  Isi  tabungnya sesuai kebutuhan masing-masing secara gratis, tanpa bayar. Kita akan buat pos Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerjasama dengan PT Pusri,” tegasnya. 

Menurutnya, pos pengisian oksigen gratis tersebut untuk memberikan akses mudah  kepada masyarakat umum yang membutuhkan pasokan oksigen sekaligus sebagai bukti stok oksigen Sumsel dalam kondisi aman dan terkendali. 


Selain Jawa Barat (Jabar) lanjut Herman Deru, Jawa Timur juga telah melakukan komunikasi minta kiriman  pasokan oksigen dari Sumsel  untuk memenuhi kebutuhan penanganan Covid-19 di Jatim. 

“Malam ini kita kirim ke Lampung sebanyak 12 ton. Sebab Lampung membutuhkan sesegera mungkin. Kita bersyukur bisa saling membantu dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Sebelumnya Jabar. Lanjut Jatim juga butuh pasokan oksigen dari Sumsel,"  paparnya.

Sementara itu, Direktur PT Pusri, Tri Wahyudi Saleh mengatakan, secara rutin pihaknya telah menyediakan pasokan oksigen untuk sejumlah rumah sakit di Sumsel. Sejumlah RS tersebut melakukan isi ulang melalui depot yang telah disediakan di PT Pusri. (Rill)

Editor: Yuliani