SUMSEL RAYA

Daun Sungkai Kian Jadi Idola Warga Palembang

Pedagang daun sungkai di pasar 10 Ulu Palembang. (Foto : tangkapan layar)
Pedagang daun sungkai di pasar 10 Ulu Palembang. (Foto : tangkapan layar)

I Palembang - Melihat peluang kepercayaan masyarakat terhadap daun sungkai diyakni bisa mengobati Covid 19 menjadikan daun sungkai kian diburu masyarakat.

Pedagang pun mulai bermunculan di pasar tradisional, seperti di Pasar 10 Ulu Palembang nampak masyarakat satu persatu beli daun sungkai yang dijual harganya Rp20.000.

Para pembeli yang rata-rata ibu, mendekati lapak pedagang yang menjual daun sungkai. Mereka bertanya mengenai daun sungkai tersebut kepada pembelinya.

Sebuah video yang dibagikan akun media sosial instagram Palembangwikwikwik, dalam keterangannya heboh pedagang daun sungkai diserbu.


"Hebo pedagang daun sungkai diserbu pembeli, infonya daun ini bisa mengobati virus coron*" tulisnya.

Video yang berdurasi tidak lama itu, memperlihatkan pembeli yang mendekati penjual daun sungkai. Rata-rata pembelinya ialah ibu-ibu.

Tampak salah satu ibu akhirnya memborong daun sungkai tersebut. Cara penyajian daun ini dengan cara direbus, dan kemudian airnya diminum selagi hangat.

Sebelum muncul pedagang daun sungkai ini, dikalangan masyarakat sudah banyak yang menjual daun sungkai ini secara online yang ditawarkan dari grup ke grup. Bahkan pembelinya tak hanya di kota Palembang juga dari Jakarta. Bahkan di e-commerce pun sudah banyak yang menawarkan daun sungkai ini.

"Awal-awalnya belum banyak yang percaya namun sejak kepolisian di Prabumulih mensosialisasikan teh daun sungkai ini pembeli perlahan-lahan mulai banyak, bahkan dari Jakarta ada yang memesan juga, " Kata Mastina, pedagang daun sungkai.

Dikatakannya, inisiatif dirinya menjual daun sungkai ini setelah melihat kepolisian di Prabumulih, sehingga membuat dirinya mulai menjajakan daun sungkai secara online.

"Saya ambil daun sungkai ini dari desa saya di OKU Selatan, alhamdulillah ada rezekinya berjualan daun sungkai ini, " tuturnya.

Ketua IDI Palembang, dr Zulkhair Ali mengatakan sampai saat ini dirinya belum pernah ketemu manfaat dan uji klinis terkait dengan khasiat Daun Sungkai yang dijadikan sebagai terapi obat Covid-19. Namun, menurutnya masyarakat boleh saja untuk menjadikan Daun Sungai ini sebagai suplemen.

"Jangan terlalu percaya. Ini (Daun Sungkai) mungkin hanya sebatas daya tahan tubuh saja," katanya.

Menurutnya, Daun Sungkai ini sama saja dengan jamu, seperti jahe dan lain sebagainya yang sampai saat ini belum ada kajian ilmiah apalagi hubungan dengan Covid-19. Hanya saja, mungkin ada kajian terkait peningkatan imunitas tubuh. "Mungkin Daun Sungkai ini bisa meningkatkan imunitas, tapi saya belum baca kajian tersebut," singkatnya. 

Editor: Beni Martha Daya