EKONOMI

Pertamina Suplai BBM di Latma Garuda Shield 2021

Truk Tangki BBM PT Pertamina saat mengisi bahan bakar kendaraan latihan bersama Garuda Shield di Baturaja. (foto : Humas Pertamina)
Truk Tangki BBM PT Pertamina saat mengisi bahan bakar kendaraan latihan bersama Garuda Shield di Baturaja. (foto : Humas Pertamina)

I Palembang - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel salurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamina Dex sebesar 71,6 KL dan 453,4 KL BBM Pertamina Avtur dalam mendukung
suksesnya kegiatan Latma (Latihan Bersama) Garuda Shield Tahun 2021 yang kegiatannya dilaksanakan pada 1 - 14 Agustus 2021 di Baturaja, Sumatera Selatan.

Selain bantuan BBM, Pertamina menyediakan fasilitas refueler sebagai alat pengisian ke tanki dan refueler US Army serta menyediakan 2 (dua) unit bridger.

Pjs. Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Agustina Mandayati mengatakan mensupport kegiatan tersebut, pihaknya akan menyalurkan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamina Dex, Avtur dan Pelumas.

"Rencananya Pertamina akan menyalurkan kebutuhan BBM jenis Pertamina Dex sebesar 71,6 KL," ujarnya, Jumat (30/7/2021).

Pertamina juga mensupport latihan bersama TNI AD dan US Army dengan pasokan avtur yang saat ini telah disalurkan sebesar 128 KL melalui DPPU SMB II dari rencana kebutuhan sebesar 453,4 KL.


Selain itu, Pertamina menyediakan fasilitas refueler sebagai alat pengisian ke tanki dan refueler US Army serta menyediakan 2 (dua) unit bridger.

"Pertamina siap untuk memenuhi kebutuhan suplai BBM, avtur dan pelumas baik untuk TNI maupun US Army hingga selesai kegiatan Latma Garuda Shield ini," tuturnya.

Latma Garuda Shield merupakan program latihan bersama antara TNI AD dengan US Army. Tahun ini merupakan program Latma Garuda Shield yang ke-15 dengan materi latihan terdiri dari latihan lapangan, menembak, medis dan penerbangan.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kerjasama antara Angkatan Bersenjata Republik Indonesia dengan Divisi Infanteri ke-25 Amerika Serikat (US Army).

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan keamanan regional dan menyiapkan sarana _capacity building_  bagi negara pengirim pasukan PBB. Program ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan bilateral kedua negara.

Editor: Beni Martha Daya