NASIONAL

Mahfud MD Sebut 'Ketenangan' Obat Covid 19

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut jika ketenangan dapat menyembuhkan penderita Covid 19. (foto : IST)
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut jika ketenangan dapat menyembuhkan penderita Covid 19. (foto : IST)

I Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut jika ketenangan dapat menyembuhkan penderita Covid 19.

Hal tersebut didapatnya setelah bertapa selama 40 hari dan telah melaporkan ke Presiden Joko Widodo jika ketenangan dapat menyembuhkan banyak orang.

”Ini ada obat ini hasil bertapa 40 hari. Saya menghadap presiden untuk presentasi ini sudah dicoba orang sekampung sembuh semua, padahal waktu itu belum ada COVID-19,” ujar Mahfud dalam dialog dengan organisisasi keagamaan secara dalam jaringan (daring), Kamis (29/7/2021).

Alasan Mahfud MD ketenangan dapat menyembuhkan seseorang terpapar penyakit termasuk Covid 19 setelah dirinya mengutip seorang filsuf ternama, Ibnu Sina. “ketenangan adalah separuh kesembuhan”.

Mantan Ketua MK itu menyebut penyakit COVID-19 sama seperti penyakit lain yang ada obatnya. Mahfud mengatakan ketika seseorang sakit seperti diare, pusing, dan panas ada obatnya.


Virus dari China itu dapat diobati dengan mengikuti vaksinasi, memakai masker, disiplin menjalankan protokol kesehatan dan mengonsumsi obat-obat terapi COVID-19.

“Sama kan diare obatnya diatab, pusing perjalanan obatnya antimo, kalau pusing di rumah paracetamol atau decolgen. Kalau corona itu vaksin, masker, dan obat-obat,” kata dia.

Namun kata Mahfud, setiap orang bahkan memiliki kecenderungan obat sendiri saat terpapar COVID-19. “Setiap orang punya kecenderungan obat sendiri karena ketenangan,” tutur Mahfud.

Sebelumnya, Mahfud juga membuat cerita tentang seorang profesor senior kedokteran yang berkorban nyawa, dan memberikan oksigen untuk kehidupan seorang junior.

Editor: Beni Martha Daya