SUMSEL RAYA

Penyerapan Dana Desa Kecamatan Paiker Rendah

Kecamatan Paiker paling rendah penyerapan dana desa (DD) dibandingkan sembilan kecamatan di Kabupaten Empat Lawang. (Foto : Fariz)
Kecamatan Paiker paling rendah penyerapan dana desa (DD) dibandingkan sembilan kecamatan di Kabupaten Empat Lawang. (Foto : Fariz)

I Empat Lawang - Kecamatan Paiker paling rendah penyerapan dana desa (DD) dibandingkan sembilan kecamatan di Kabupaten Empat Lawang.

Seiring dengan berakhirnya masa jabatan kades periode 2015-2021, Penjabat Kades dan 9 kades yang masih menjabat berpacu memaksimalkan penyerapan DD tahun 2021, khusus BLT DD yang baru diberikan kepada keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Iya, masih cukup rendah terbukti untuk penyaluran BLT hampir seluruh desa saat ini penyalurannya baru sampai bulan bulan April," kata Noperman Camat Paiker, Rabu (4/08)

Noperman Subhi menekankan untuk segera menyalurkan BLT DD, jangan ditunda-tunda lagi agar dapat mengusulkan untuk BLT DD Mei sampai Juni 2021. 

"Yang lebih penting dapat juga mencairkan DD yang Lainnya, baik berupa pembangunan fisik maupun pemberdayaan masyarakat," ucapnya.


Selain mengingatkan akan peruntukan DD bagi masyarakat yang mendapatkan, Noperman Subhi menyampai kondisi perkembangan Covid-19 yaitu Penyebarannya di Paiker sudah memasuki tahapan perlu penanganan khusus karena sudah banyak masyarakat yang terkonfirmasi bahkan ada yang meninggal kena Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode real time RT-PCR Coronavirus di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang. 

"Untuk itu masyarakat harus memperketat protokol kesehatan. Apalagi salah satu tokoh masyarakat Paiker yang ada di Yogya mengingatkan pihak kecamatan untuk lebih perhatian karena di dusun banyak yang meninggal dunia dengan gejala gelegasan atau panas tinggi dan tidak mau makan," tuturnya.

Senada dengan Susanto, Penjabat kades Pagar Jati meminta masyarakat untuk mentaati Surat Edaran Bupati yang melarang kegiatan persedekahan, resepsi atau kegiatan sosial lainnya mulai dari 27 Juli sampai akhir Agustus 2021. 

"Seluruh kegiatan yang mengakibatkan keramaian kita tiadakan dahulu guna menyetop penyebaran wabah virus corona ini, dan untuk desa Pagar Jati , Keban Jati dan Talang randai itu kita sepakat untuk memanfaatkan uang BLT bula April untuk di belikan alat Protokol Kesehatan seperti masker, alat cuci tangan dan lain -lain," pungkasnya.


Video Terkait:
Video : 7 Wilayah Empat Lawang Rawan Longsor
Editor: Beni Martha Daya