OLAHRAGA

Jokowi Naikan Jumlah Bonus Atlit Peraih Medali di Olimpiade

Saat Penyerahan Bonus Atlit Peraih Medali di Olimpiade Tokyo Jepang, Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) Naikan Jumlah Bonus sebesar Rp500 juta. (foto : IST)
Saat Penyerahan Bonus Atlit Peraih Medali di Olimpiade Tokyo Jepang, Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) Naikan Jumlah Bonus sebesar Rp500 juta. (foto : IST)

I Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) naikan jumlah bonus atlit peraih medali di Olimpiade Tokyo sebesar Rp500 juta dari nilai awal yang dijanjikan sebelumnya.

Peraih Medali emas, awalnya mendapat Bonus Rp5 miliar dinaikan menjadi Rp5,5 miliar, untuk medali Perak awalnya dijanjikan Rp2 miliar naik menjadi Rp2,5 miliar, sedangkan medali perunggu mendapatkan Rp1,5 miliar. Jokowi juga memberikan bonus kepada para pelatih dan atlet non peraih medali.

"Atas prestasi yang diraih, pemerintah memberikan apresiasi berupa bonus, tapi mungkin angkanya tidak perlu saya sebut. Apa perlu saya sebut, karena situasinya pandemi? Tidak apa apa ya saya sebut, Untuk medali emas Rp5,5 miliar, peraih medali perak Rp2,5 miliar, kemudian medali perunggu Rp1,5 miliar. Bonus juga diberikan kepada para pelatih dan atlet non peraih medali. Cukup gede tapi enggak usah saya sebut," ucap presiden, saat penyerahan secara simbolis di istana bogor, Jumat (13/8/2021).

Hasilnya yang didapat para atlit ini diharapkan menjadi inspirasi bagi masyarakat karena Perjuangan dan kerja keras para atlet dalam Olimpiade Tokyo 2020 diharapkan menjadi tauladan bagi atlet Indonesia lainnya.

"Ahamdulillah kita patut bersyukur saudara-saudara tiba di Tanah Air dalam keadaan sehat dan selamat. Saya beserta seluruh rakyat sangat bangga atas perjuangan dan kerja keras yang telah saudara-saudara lakukan di Tokyo dan sangat mengapresiasi hasil medali yang telah diraih," kata Jokowi.


"Saya juga ingin mengucapkan selamat untuk para peraih medali, baik emas, perak, maupun perunggu. Juga terima kasih untuk para atlet, para pelatih, para pendamping, duta besar Indonesia di Kerajaan Jepang, dan semua yang mensukseskan acara ini," ucap Jokowi menambahkan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini secara khusus mengucap terima kasih untuk pasangan ganda putri bulu tangkis Indonesia Greysia/Apriyani yang menyumbang medali. Jokowi berterima kasih karena tradisi medali emas di Olimpiade bisa dijaga.

Editor: Intan Sriwidari