SUMSEL 24

Kapolda Sumsel Prioritaskan Berantas Penambang Ilegal

Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto prioritaskan pemberantasan tambang ilegal dan tindak kejahatan jalanan selama dirinya menjadi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda). (foto : Welly/infosumsel.id)
Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto prioritaskan pemberantasan tambang ilegal dan tindak kejahatan jalanan selama dirinya menjadi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda). (foto : Welly/infosumsel.id)

I Palembang - Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto prioritaskan pemberantasan tambang ilegal dan tindak kejahatan jalanan selama dirinya menjadi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda). Hal tersebut diungkapkannya saat bersilaturahmi dengan Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, Senin (6/9/2021).

Dikatakan mantan Kapolda Sumbar ini, berkaca dari pengalaman di Polda Sumatera Barat (Sumbar), Toni banyak menindak ratusan penambang ilegal. Menurutnya, selain menimbulkan kerusakan alam tambang ilegal berpotensi merugikan negara. 

"Memang agenda saya di Sumbar memberantas tambang ilegal, program itu saya bawa ke sini. Bahkan di sana ratusan orang kita pidanakan," ungkap Toni Harmanto kepada awak media, Senin (6/9/2021). 

Toni menjelaskan, pihaknya akan mencoba masuk ke tambang ilegal dengan pendekatan persuasif. Untuk mencegah tambang ilegal tidak serta merta sanksi pidana jadi solusi.

"Pidana jalan terakhir, bagaimana kita mencari solusi dahulu, seperti mencarikan jalan agar pekerja tambang memiliki pekerjaan yang layak," ungkapnya. 


Masih dikatakannya Toni, dalam memberantas tindak pidana jalanan pihaknya juga berjanji kepada Gubernur Sumsel Herman Deru untuk segera menindak para pelaku yang meresahkan masyarakat dan narkoba. 

"Perang terhadap narkotika dan kekerasan jalanan masuk dalam agenda saya juga," tuturnya. 

Selain tindak kejahatan, pihaknya juga berupaya melakukan koordinasi penanganan pandemik COVID-19. Meski saat ini angka penularan kasus semakin menurun, pihaknya tetap akan selalu waspada dalam penanganan sebaran virus serta percepatan vaksin. 

"Saya datang kesini untuk silahturahmi sekaligus berkolaborasi kita dan lebih mengintensifkan tugas-tugas kita untuk membantu provinsi menghadapi isu-isu yang ada, terutama pemulihan ekonomi," ujarnya. 

Gubernur Sumsel Herman Deru mengakui siap memfasilitasi kepolisian dalam agendanya menjaga Kamtibmas di Bumi Sriwijaya. Dirinya juga menyambut persoalan tambang ilegal yang akan diberantas oleh pihak kepolisian. 

"Kita juga menunggu legalisasi undang-undang nomor 3 tahun 2020 soal pertambangan dan minerba," pungkasnya.

Editor: Beni Martha Daya