PENDIDIKAN

Deru Dukung UIGM Buka Fakultas Kedokteran

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mendukung rencana Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) untuk mendirikan Fakultas Kedokteran. (foto : Diskominfo)
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mendukung rencana Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) untuk mendirikan Fakultas Kedokteran. (foto : Diskominfo)

I Palembang - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mendukung rencana Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) untuk mendirikan Fakultas Kedokteran. Dikatakan Deru, Lokakarya Pendidikan Berkualitas mencetak tenaga medis kreatif, inovatif dan mandiri di Provinsi Sumsel. Dimana Lokakarya atau biasa disebut workshop adalah pertemuan ilmiah yang dilakukan oleh para ahli di bidang yang sama untuk membahas suatu permasalahan yang sesuai dengan bidang keahliannya.

"Saya sangat menyambut baik dan mendukung pelaksanaan ini, karena di Sumatera Selatan masih minim Sumber Daya Manusia (SDM) Dokter," Kata Deru saat menerima Audensi Rektor Universitas IGM dan jajaran di Ruang Tamu Gubernur, Senin (6/9/2021).

Apabila proses administratif mendukung, Deru menyarankan agar FK UIGM nantinya dapat menjalin kerjasama pendidikan dengan RSUD lainnya yang ada di Palembang.

"Fakultas Kedokteran UIGM tentu akan menjadi pilihan lainnya. Terutama Sumsel khususnya FK Unsri sangat diminati siswa dari dalam hingga luar Provinsi. Dengan kapasitas mahasiswa yang terbatas di Unsri, selain FK Muhamadiyah, FK UIGM tentu akan menjadi pilihan lainnya," ujarnya.

Dirinya mengungkapkan Pemprov Sumsel sesuai kapasitasnya sangat mendukung dan mau memfasilitasi pelaksanaan lokakarya ini dan juga memberikan rekomendasi tentang pendirian fakultas ini dalam hal keperluan administratif yang dibutuhkan.


Sementara itu, Rektor Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) Palembang DR. H. Marzuki Alie, SE., MM, katakan lokakarya akan dilaksanakan Rabu Pagi  8 September 2021 dimana akan dilakukan diskusi bersama narasumber terkait rencana pendirian FK ini.FK UIGM rencananya akan dibuka dengan menerima 26 mahasiswa bekerjasama dengan RSUD Dr. H. M Rabain Muara Enim.

Turut hadir Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), Nelson Firdaus, Kadinkes, Dra. Lesty Nurainy Apt., M.Kes.

Editor: Beni Martha Daya