MARKET

AHM Resmi Rilis Motor Termahal di Indonesia

PT Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis Honda GL1800 Gold Wing versi 2021. (Foto:istimewa)
PT Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis Honda GL1800 Gold Wing versi 2021. (Foto:istimewa)

| Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis Honda GL1800 Gold Wing versi 2021. Motor Honda ini menjadi motor termahal yang dipasarkan AHM di Indonesia. Harga untuk 1 unitnya tembus Rp 1 Miliar, tepatnya Rp 1.147.500.000 On The Road (OTR) DKI Jakarta.

“Kami menghadirkan Honda GL1800 Gold Wing terbaru dengan penyempurnaan dari sisi fitur yang semakin canggih dan memberikan kenyamanan serta desain yang semakin mewah dan berkelas." ujar Direktur Marketing PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya dalam rilis resminya Senin (23/8/2021).

Secara tampilan memang tak banyak berubah, begitu juga dengan spesifikasi teknisnya. Tapi beberap fitur terbaru memang tampak disempurnakan.

Pada mesin misalnya, masih tetap mengusung dapur pacu 1.833 6 silinder boxer. Tiga silinder menjorok ke kanan dan 3 silinder lainnya ke kiri.

Tenaga yang mencapai 124,6 dk disalurkan via transmisi canggih bernama DCT (Dual Clutch Transmission) dengan 7 speed plus satu gigi mundur.


Transmisi ini bisa dioperasikan secara automatic atau manual dengan menekan tombol di panel setang.

Yang menarik adalah, motor berbobot 390 kg ini bisa jalan mundur. Tentunya memudahkan ketika keluar dari parkiran.

Gigi mundur pada Gold Wing terbaru pakai tenaga mesin, bukan dinamo starter seperti versi sebelumnya.

Cara pakai gigi mundur ini mudah. Ketika mesin menyala dan posisi gigi netral, tekan tombol maju/mundur di setang kiri.

Setelah itu lambangnya muncul di panel, nah tinggal pencet tombol DCT minus (-) untuk mundur dan plus (+) untuk maju. Benar-benar memudahkan saat parkir sendiri.

Bagaimana dengan fitur-fitur barunya? Pertama adalah dimensinya jadi lebih panjang. Kini totalnya 2.615 mm, kalau yang 2018 2.579 mm. Tentunya karena kapasitas top box tambah 11 liter, jadi totalnya menjadi 61 liter.

Bobot juga tambah, dari 380 kg menjadi 390 kg, ada kenaikan 10 kg. Update lainnya adalah soal konektivitas sistem hiburan, kini sudah bisa menggunakan Android Auto. Sedang yang lama hanya Apple CarPlay.

Motor yang mengusung konsep “The Honda Premium Tourer” ini, kini memiliki tambahan fitur 2 slot USB, hingga pengguna tidak perlu khawatir kehabisan daya gadget selama berkendara jarak jauh.

Update lainnya adalah soal konektivitas sistem hiburan, kini sudah bisa menggunakan Android Auto. Sedang yang lama hanya Apple CarPlay.

Sebagai hiburan perjalanan, Honda GL1800 Gold Wing terdapat fitur speaker terbaru yang menghasilkan kualitas suara yang lebih sempurna.

Tak hanya itu saja, Honda GL1800 Gold Wing ini juga ditopang dengan penyempurnaan pengaturan suspensi belakang untuk kenyamanan bagi pengendaranya.

Serta telah dilengkapi dengan lampu kabut yang terletak di sisi depan yang kini menjadi fitur standar. Pada versi sebelumnya, optional yang harus dibeli terpisah.

Honda GL1800 Gold Wing hadir dengan satu pilihan warna yaitu Candy Ardent Red yang dipasarkan eksklusif di 11 showroom Big Wing Honda di 9 kota besar di Indonesia.

Spesifikasi Dan Fitur Honda GL1800 Gold Wing:

- Kapasitas Mesin 1833cc, Berpendingin Cairan
- Maksimum Tenaga 93 kW pada 5.500 rpm
- Torsi Maksimum 170 Nm pada 4500 rpm.
- Transmisi 7 kecepatan
- Dual Clutch Transmission (DCT) dilengkapi forward/reverse Walking Mode.
- Rangka Tipe: Diamond Twin Tube
- Swingarm: bahan aluminium
- Pencahayaan: LED (“wing lines”)
- Lampu Sein: auto-cancel
- Honda Smart Key System
- Sistem Bagasi elektrik
- Sistem Monitoring Tekanan Angin Ban
- Sistem Throttle-by-wire (TBW)
- 4 mode riding (Tour, Sport, Econ, dan Rain),
- Honda Selectable Torque Control (HSTC),
- Hill Start Assist- Sistem cruise-control
- windscreen elektrik
- Suspensi Depan double-wishbone
- Suspensi Belakang Pro-Link®
- Sistem Pengereman kaliper depan serta rotor 320mm.
- Sistem Pengereman C-ABS elektronik.

Editor: Jon Morino