SUMSEL RAYA

Warga Binaan Lapas Lahat, Gelar Sholat Ghoib Tragedi Kebakaran Lapas Tangerang

Sebagai bentuk bela sungkawa, Lapas Lahat menggelar sholat ghoib dan do’a bersama untuk korban musibah kebakaran di Lapas Tangerang, Jumat (10/9/2021). (Foto : Ismail/infosumsel.id)
Sebagai bentuk bela sungkawa, Lapas Lahat menggelar sholat ghoib dan do’a bersama untuk korban musibah kebakaran di Lapas Tangerang, Jumat (10/9/2021). (Foto : Ismail/infosumsel.id)

infosumsel.id | Lahat – Musibah kebakaran yang mengakibatkan tewasnya puluhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Tangerang menyisakan duka yang mendalam bagi insan pemasyarakatan. Sebagai bentuk bela sungkawa, Lapas Lahat menggelar sholat ghoib dan do’a bersama untuk korban musibah kebakaran di Lapas Tangerang, Jumat (10/9/2021).

Berlangsung di Masjid At-Tauba Lapas lahat, kegiatan diikuti oleh 30 orang WBP dan 20 orang petugas Lapas Lahat.

Kepala Lapas Lahat Pudjiono Gunawan SH turut hadir dalam kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Pudjiono mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk keprihatinan dan bela sungkawa terhadap musibah yang terjadi di Lapas Tangerang.

“Musibah yang terjadi di Tangerang tentunya mari kita jadikan pelajaran tersendiri untuk kita semua agar jangan sampai kejadian tersebut terjadi di Lapas Banyuwangi, mari saling guyup rukun, saling bekerjasama menjaga kondusifitas di Lapas Banyuwangi ini dengan tidak melakukan suatu hal tanpa koordinasi dan seijin dari petugas, serta jangan sampai ada peralatan yang dapat memicu terjadinya kebakaran baik diluar maupun didalam kamar hunian," ujar Pudjiono.

Pudjiono juga berpesan kepada para WBP jika memang ada saluran listrik yang mengelupas atau mulai rusak agar segera melapor.


“Hal-hal seperti itu jangan sampai tidak dilaporkan, karena mungkin bisa saja luput dari pantauan petugas yang sedang kontrol” tambahnya.

Lebih lanjut Pudjiono menyampaikan bahwa kegiatan do’a dan tahlil waktu pelaksanaannya diarahkan agar digelar setiap ba’da sholat Jumat. 

"Ini tentu saja menjadi duka bagi kita atas terjadi kebekaran di Tangerang, kita berharap tidak terjadi di Lapas Lahat," tambahnya.

Editor: Jon Morino