MARKET

Tips Pilih Payung yang Cocok

Variasi payung lipat bermacam-macam.(Foto: Istimewa)
Variasi payung lipat bermacam-macam.(Foto: Istimewa)

| Jakarta - Saat bepergian ke luar, payung lipat sangat praktis untuk melindungi diri dari hujan atau teriknya sinar matahari. Variasi payung lipat pun bermacam-macam, mulai dari yang transparan, berukuran kecil, hingga yang bisa dibuka dan ditutup secara otomatis. Tipe manakah yang paling cocok untuk Anda?

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih payung lipat yang bagus dan merekomendasikan sepuluh produk terbaik beserta harganya. Mulai dari payung anti-UV sampai yang tahan terhadap terpaan angin, semuanya ada, lho! Beberapa merk kesayangan Anda, seperti MINISO dan Tabasa, juga akan kami sertakan. Mari simak artikel berikut!


Cara memilih payung lipat untuk wanita
Saat memilih payung lipat andalan, kegunaan dan desain tentunya merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Berikut akan kami jelaskan dengan lebih rinci cara-cara memilih payung lipat terbaik untuk wanita.
Pilihlah yang bisa digunakan saat hujan ataupun panas

Payung lipat yang bisa digunakan saat hujan ataupun panas tentunya akan sangat praktis dibawa-bawa di dalam tas. Payung tipe ini akan melindungi Anda dari hujan dan juga sengatan sinar matahari!

Jika bagian dalam payung berwarna gelap serta dilapisi bahan uretan, efek perlindungan terhadap sinar dan panasnya matahari akan lebih maksimal. Payung seperti ini tidak hanya menyerap sinar matahari langsung, tetapi juga pantulan dari permukaan tanah atau atau dinding. Dengan begitu, Anda akan terlindungi dari sinar UV dan bisa merasa lebih nyaman di tengah cuaca panas.


Carilah yang ringan dan compact saat dilipat agar mudah dibawa bepergian


Salah satu poin penting lainnya adalah bobot payung serta ukuran dan kepraktisannya saat dilipat. Payung lipat sering kali dibawa dalam tas ataupun disimpan di laci untuk saat-saat darurat. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah produk yang ringan dan compact.

Akhir-akhir ini, telah bermunculan payung lipat dengan berat kurang dari 200 gram, hampir sama dengan smartphone! Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk membawa payung ke mana-mana. Ada juga produk yang ukurannya kurang dari 20 cm saat dilipat sehingga tidak menghabiskan space di tas Anda.

Payung dengan diameter besar memberikan perlindungan lebih luas

Diameter payung ketika dibentangkan juga merupakan poin penting yang perlu Anda perhatikan. Payung seperti ini dapat melindungi area yang lebih luas, baik saat cuaca panas maupun hujan.

Saat ini, sudah banyak tersedia payung lipat berdiameter besar, yaitu sekitar 95 cm sampai dengan 1 m. Ketika turun hujan, payung lipat ini akan melindungi pundak dan tumit Anda dengan baik sehingga tidak akan mudah kebasahan. Lalu, saat matahari sedang terik, payung ini akan memberikan perlindungan lebih luas dari paparan sinar ultraviolet dan panasnya matahari.

Pilih yang mudah dibuka dan ditutup hanya dengan satu sentuhan

Payung otomatis yang bisa dibuka dan ditutup dengan satu tangan juga wajib Anda cek. Tipe ini cocok untuk Anda yang tidak suka ribet karena dengan satu sentuhan, payung dapat langsung terbuka! Saat menutup payung pun, Anda cukup menekan tombol yang sama. Mudah sekali, bukan? Payung otomatis seperti ini sangat praktis saat Anda membawa banyak barang, ketika naik atau turun mobil, ataupun saat hujan tiba-tiba.

Perhatikan struktur dan bahan tulang kerangka payung

Berikutnya, periksalah bahan dan struktur tulang kerangka payung untuk mendapatkan payung lipat yang kuat dan aman. Saat ini, ada banyak produk yang menggunakan lebih banyak tulang kerangka dari biasanya, mulai dari 8 atau 10 batang. Bahannya pun ada yang terbuat dari aluminium yang ringan dan kuat, serta fiberglass atau serat kaca yang lentur.

Struktur payung yang kuat akan membuatnya tidak mudah terbalik meski dipakai dalam keadaan berangin. Dengan begitu, payung bisa digunakan dengan nyaman, bahkan saat angin berhembus kencang. Selain itu, ada juga payung lipat yang dapat menahan kecepatan angin hingga 48 km/jam. Anda pun bisa merasa lebih aman, bahkan di tengah cuaca ekstrem.

Pilihlah payung dengan desain favorit Anda

Payung dengan desain favorit yang disukai bisa membuat Anda merasa senang saat menggunakannya. Ketika hujan atau panas terik matahari membuat sebal, perasaan Anda mungkin bisa membaik dengan desain kesukaan pada payung yang digunakan.

Payung lipat berdesain biasa memang tidak masalah untuk dipilih, tetapi desain yang menarik tentu akan lebih berkesan. Beragam desain yang menarik kini banyak tersedia, seperti desain buah di sisi dalam payung, motif biru langit, dan lainnya. Ada juga payung lipat dengan motif yang muncul atau berubah warna ketika basah terkena hujan. Karena itu, sesuaikanlah pilihan payung lipat dengan selera Anda, dan jadikan hari hujan lebih menyenangkan!

Editor: Intan Sriwidari