SUMSEL RAYA

Akhir Tahun Targetkan 80 Persen Tuntas Vaksin

Kendati saat ini jumlah vaksin masih terbatas namun target Herd Immunity atau Kekebalan Komunal minimal di akhir tahun Muba 70-80 persen. Salah satu pelajar di Muba saat mendapat vaksinasi beberapa waktu lalu. (Foto: istimewa)
Kendati saat ini jumlah vaksin masih terbatas namun target Herd Immunity atau Kekebalan Komunal minimal di akhir tahun Muba 70-80 persen. Salah satu pelajar di Muba saat mendapat vaksinasi beberapa waktu lalu. (Foto: istimewa)

| Muba --Target kabupaten Muba untuk mempercepat vaksinasi terus dilakukan. Kendati saat ini jumlah vaksin masih terbatas namun target Herd Immunity atau Kekebalan Komunal minimal di akhir tahun Muba 70-80 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba dr Azmi Dariusmansyah MARS menyebutkan, penduduk Kabupaten Muba yang sudah divaksin dari sasaran jumlah keseluruhan, per tanggal 7 September 2021sudah mencapai 24,15 persen yaitu 108.888 orang dari target sasaran 450.831 orang.

"Adapun kendala untuk sekarang ialah distribusi vaksin yang dikirim ke Kabupaten Muba masih kurang," ujarnya.

Pihaknya berharap  kuota vaksin untuk Kabupaten Muba bisa lebih banyak lagi. Minimal Kabupaten Muba bisa memvaksin 5.000 dosis per hari.

"Dengan angka ini dalam waktu empat bulan target vaksinasi warga di Kabupaten Muba bisa tercapai," jelasnya.


Saat ini pihaknya tengah melakukan vaksinasi terhadap pelajar karena PTM di Muba sudah berjalan dari beberapa minggu yang lalu.

"Untuk guru-gurunya 80% minimal harus vaksin. Sekarang murid-muridnya, sehingga kegiatan PTM kita bisa berjalan dengan lancar," jelasnya.

Ia juga mengingatkan agar bisa mengikuti proses belajar dan mengajar dengan rasa aman dan nyaman. Meskipun saat ini Muba pada PPKM level II namun jangan lengah, tetap jaga prokes dan percepatan vaksinasi. Dengan turun level II tersebut artinya sejumlah pengetatan aktifitas akan dilonggarkan.

"Tetapi bukan berarti kita terlena sehingga mengenyampingkan prokes. Tetap saja harus selalu waspada dan terus menerapkan 3 M," ujarnya.

Dia menambahkan, tercatat ada sebanyak 4 Kecamatan di Muba yang masuk zona hijau.  Empat Kecamatan Zona hijau diantaranya Kecamatan Babat Supat, Lalan, Batanghari Leko, dan Sanga Desa.

"Untuk 11 Kecamatan lainnya Zona Kuning yaitu Kecamatan Sekayu, Lawang Wetan, Babat Toman, Plakat Tinggi, Keluang, Lais, Sungai Keruh, Jirak, Sungai Lilin, Tungkal Jaya dan Bayung Lencir, kita berharap jumlah yang terpapar COVID-19 di Muba terus menurun," tutupnya.

 

 

 

Editor: Intan Sriwidari