SUMSEL RAYA

Dinkes Belum Mengetahui Kasus Swab Palsu

Terkait kasus pemalsuan surat swab di Kabupaten OKU Selatan, Dinas Kesehatan Sumsel mengakui belum mendengar kabar pemalsuan keterangan swab palsu di OKU Selatan.
Terkait kasus pemalsuan surat swab di Kabupaten OKU Selatan, Dinas Kesehatan Sumsel mengakui belum mendengar kabar pemalsuan keterangan swab palsu di OKU Selatan.

I Palembang - Terkait kasus pemalsuan surat swab di Kabupaten OKU Selatan, Dinas Kesehatan Sumsel mengakui belum mendengar kabar pemalsuan keterangan swab palsu di OKU Selatan.

“Saya belum mendapat kabar ya terkait masalah itu,” kata Lesty saat dikonfirmasi via telephon, Selasa (14/9/2021)

Lesty menuturkan, masyarakat yang ingin melakukan tes PCR atau antigen harus melakukannya di laboratorium yang sudah punya izin. Kemudian untuk tes yang dilakukan di fasilitas layanan kesehatan, dimana saja berada.

“Sebaiknya melihat leaflet yang diumumkan apakah sudah memiliki izin,” ucapnya.

Lanjutnya, masyarakat juga harus teliti setiap  melalukan tes. Bukan hanya untuk menjaga diri sendiri tapi juga orang lain. Jika harga yang ditawarkan sangat murah, masyarakat juga harus curiga, apalagi jauh dari standar harga yang ditetapkan pemerintah.


“Sebaiknya lebih teliti, kita kan bisa menilai. Apalagi harganya jauh dari harga standar yang diterapkan pemerintah,” imbuhnya.

Lesty juga menjelaskan, swab yang dilakukan, selain untuk kebutuhan perjalanan atau lainnya, juga menjadi upaya pengendalian penularan.

“Tak hanya menjadi syarat saja. Masyarakat juga harus menyadari, kebutuhan swab ini juga menjadi tanggung jawab dan deteksi dini untuk mengendalikan penularan,” pungkasnya.

Editor: Beni Martha Daya