SUMSEL RAYA

Meski Kekurangan SDM, Kejari Empat Lawang Siap Tuntaskan Kasus Korupsi

Saat ini SDM menjadi salah satu kendala Kejari Empat lawang dalam menangani kasus laporan dari masyarakat tersebut. (Foto : Muttaqien Alfarisi/infosumsel.id)
Saat ini SDM menjadi salah satu kendala Kejari Empat lawang dalam menangani kasus laporan dari masyarakat tersebut. (Foto : Muttaqien Alfarisi/infosumsel.id)

| Empat Lawang - Hingga saat ini kasus dugaan korupsi di Kabupaten Empat Lawang yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Empat Lawang masih ada tiga perkara.

Ketiga perkara yang ditangani Kejari tersebut  diantaranya, perkara kasus korupsi bibit talas dengan satu terpidana belum inkrah (masih dalam proses banding), perkara kasus lapangan olahraga dengan 4 terdakawa (proses penuntutan di Pengadilan Tipikor), dan perkara kasus korupsi Dana Desa dengan satu tersangka (proses penyidikan di Kejari Empat Lawang.

Sementara, ada puluhan dugaan kasus yang diterima oleh Kejari Empat Lawang dari laporan masyarakat.

"Untuk saat ini ada puluhan dugaan laporan dari masayarakat yang kami terimah," demikian disampaikan Kepala Kajari Empat  Lawang, Sigit Prabowo melalui Kasi Intel Eko Setia Negara diruang kerjanya, Rabu (15/9/2021).

Disampaikannya, semua laporan dari masyarakat itu pihaknya menerima terlebih dahulu untuk ditelaah dan diklarifikasi. Jika ada unsur pidananya maka akan diproses lebih lanjut.


"Prosenya kita terima, laporan kita cek n ricek kebenaranya, baik kebenaran dari pelapor juga kebenaran yang dilaporkan, ini ada laporan BLT DD yang masuk. Nah ini kami klarifikasi dulu kebenarannya, jika ada unsur pidana maka kami tidak akan segan memprosesnya," tegasnya.

Ia menyampaikan, memang saat ini SDM menjadi salah satu kendala pihaknya menangani kasus laporan dari masyarakat tersebut.

"Selain SDM juga anggaran yang menjadi salah satu penyebab Kejari Empat Lawang dalam menuntaskan laporan dan penanganan kasus korupsi di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini," jelasnya.

Editor: Jon Morino