SUMSEL RAYA

Jalan Penghubung Kecamatan di Lahat Kembali Longsor Setinggi 50 Meter

Jalan penghubung antara Kecamatan Kikim Timur dan Selatan mengalami longsor cukup tinggi, yakni sepanjang 30 meter dan tinggi 50 meter. (Foto : Ismail/infosumsel.id)
Jalan penghubung antara Kecamatan Kikim Timur dan Selatan mengalami longsor cukup tinggi, yakni sepanjang 30 meter dan tinggi 50 meter. (Foto : Ismail/infosumsel.id)

| Lahat - Jalan penghubung antara Kecamatan Kikim Timur dan Selatan mengalami longsor cukup tinggi, yakni sepanjang 30 meter dan tinggi 50 meter. 

Menurut Erwin Budiansyah, longsor terjadi sudah sejak puluhan tahun yang lalu, namun sejak 2 tahun terakhir, karena sering hujan turun, longsor kembali terjadi sehingga hanya menyisahkan 1,75 meter jalan aspal. 

"Iya memang betul, jalan aspal ini semakin menyempit, sekitar 2 meter badan jalan sudah jatuh ke sungai setinggi 50 meter," ujar dia, Rabu (15/09). 

Ditambahkan Erwin, pihaknya berharap, longsor itu segera diperbaiki, sehingga tidak membahayakan pengendara. 

"Memang memprihatinkan jalan kami, kalau orang baru, bisa saja tidak tahu bahwa disini ada longsor. Tidak ada pembatas atau penanda bahwa ada longsor, malam hari begitu membahayakan pengendara yang melintas," ungkapnya. 


Dikatakan Erwin, pernah ada orang yang masuk ke jurang longsor, namun bersyukur masih bisa selamat. 

"Pernah memakan korban, namun tidak meninggal dunia. Harapan kami, segera di perbaiki, dipasang tembok penahan, atau minimal beronjong, agar longsor tidak semakin meluas," Terangnya. 

Sementara itu, April Adam warga Kecamatan Kikim Timur selaku pengguna aktif jalan itu mengaku, sempat ada gotong royong dari warga Gunung Kerto, Gunung Aji dan warga pengguna jalan. 

"Warga dengan kendaraan berat dimintai sumbangan secara sukarela, untuk membeli material, sehingga sudah dipasang cor tambahan di sisi lain longsor, namun tetap saja perlu adanya langkah antisipasi longsor lebih luas, karena tidak ada ruang lagi di sisi lain jalan, apabila longsor meluas, bisa dipastikan aksesnya lumpuh," ungkap dia. 

Terpisah, Camat Kikim Selatan Hermansyah mengakui akses menuju ke Kecamatan memang mengalami longsor yang dalam, sampai saat ini belum ada perbaikan, namun pihaknya sudah menyampaikan kepada BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum. 

"Longsornya dalam, warga dan kades khawatir ketika melintasi jalan yang longsor itu," kata Camat. 

Editor: Jon Morino