SUMSEL RAYA

Pagaralam Ekspor Perdana Pinang ke Iran

Di tahun 2021 ini, para petani melalui pengepul buah pinang mampu mengekspor buah pinang hingga ke negara Iran. (Foto : istimewa/infosumsel.id)
Di tahun 2021 ini, para petani melalui pengepul buah pinang mampu mengekspor buah pinang hingga ke negara Iran. (Foto : istimewa/infosumsel.id)

| Pagaralam - Langkah maju dilakukan petani pinang di Pagaralam. Di tahun 2021 ini, para petani melalui pengepul buah pinang mampu mengekspor buah pinang hingga ke negara Iran.

Pada pengiriman perdana, ada sebanyak 27 ton yang diberangkatkan. Pelepasan dilakukan oleh Asisten II Setda Kota Pagar Alam, Syafrani di Gedung SRG Pagar Alam di Kelurahan Karang Dalo, Kecamatan Dempo Tengah, Sabtu (18/9).

Syafrani berpesan kepada para petani untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan pembeli baik dari luar daerah maupun luar negeri dengan mengedepankan kualitas produk yang dijual.

Kita harus menjaga komitmen dan kejujuran agar pemasaran aneka komoditas pertanian kota Pagar Alam ini terus meningkat. Oleh karena itu, mutu dan kualitas komoditas kita harus terus terjaga,” ujar Syafrani.

Ekspor pinang ini dilakukan pengepul pinang di Pagar Alam, Kristian Hadinata. Mendapat pesanan pinang dari Iran, Kristian pun bekerja sama dengan Koperasi MAI Pagar Alam yang mengelola gudang Sistem Resi Gudang (SRG) Aur Duri dan koperasi lainnya untuk melakukan ekspor ke negara pemesan.


Kristian mengatakan, ekspor pinang dari Pagar Alam ke Iran ini merupakan pengiriman perdana. Menurutnya, ini membuktikan bahwa Pagar Alam tak hanya memiliki komoditas kopi yang bisa diekspor.

Menurut Kristian, potensi ekspor pinang ke beberapa negara terbuka lebar. Hal itu dikarenakan pinang merupakan bahan baku kosmetik hingga farmasi.

Setelah pengiriman perdana ini, kita akan terus jajaki peluang di pasar internasional,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi MAI Pagar Alam, Nisdiarti mengapresiasi ekspor perdana pinang ini. Nisdiarti mengatakan, pihaknya menyiapkan gudang yang bisa digunakan untuk menampung komoditas yang akan diekspor.


Video Terkait:
Video : Polres Pagaralam Siapkan Hadiah Motor bagi Peserta Vaksinasi
Editor: