SUMSEL RAYA

Pemutihan Pajak di Palembang, Ada Dua Keringanan Yang Diberikan

Samsat I kota Palembang, Sabtu (2/9). (Foto: Pahmi Ramadan/infosumsel.ID)
Samsat I kota Palembang, Sabtu (2/9). (Foto: Pahmi Ramadan/infosumsel.ID)

| Palembang - Program keringanan pajak kendaraan yang sebelumnya diumumkan Pemerintah Provinsi Sumsel mulai 1 Oktober hingga 31 Desember 2021 telah mulai diterapkan di Kantor Samsat I Palembang, Jalan Kapten A. Rivai

Ada dua keringanan dalam pembayaran pajak, pertama yakni pembebasan pajak kendaraan bermotor progresif, kedua penghapusan sanksi adminitrasi kendaraan bermotor dan denda bunga balik nama kendaraan bermotor.

Kasi Penetapan Samsat I Kota Palembang Ardianza menjelaskan bahwa kali ini keringan yang diberikan berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Tahun ini pajaknya dikurangin dua tahun sama pembebasan bunga dan denda, dan tahun sekarang pokok pajak tetap bayar utuh,” ujar Ardianza di Kantor  Samsat I Kota Palembang," Sabtu (2/9).

Dijelaskannya pajak progresif merupakan pajak atas kepemilikan kendaraan lebih dari dua dengan satu nama hanya di hitung satu tarif saja dari kendaraan pertama.


"Walaupun kendarannya lebih dari dua atas satu nama, maka tarifnya cukup dihitung satu saja," katanya.

Ia mengungkapkan, pembayaran keringan panjak kendaraan dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga Pukul 15.00 WIB untuk hari Senin-Jumat, di hari Sabtu buka mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

"Sudah ratusan masyarakat yang mendaftar untuk membayar pajak kendaraannya," katanya.

Ia menjelaskan, bahwa sosialisasi sebelunnya sudah diberitahukan kepada masyarakat.

"Sosialisasi sudah dari kemaren tapi kalau untuk sekarang antusiasme masyarakat, belum begitu signifikan ke banding tahun lalu, mungkin di Minggu pertama atau mulai Senin nanti," katanya.

"Tata cara bagi masyarakat yang ingin melakukan pemutihan pajak kendaraan bermotor, cukup dengan membawa fotocopy STNK, KTP, dan kartu keluarga," tutupnya.

 

 

 

 

Editor: Intan Sriwidari