POLITIK

Ini 5 Kecelakaan Alutsista TNI yang Jadi Sorotan

Kecelakaan pesawat TNI (Foto:Istimewa)
Kecelakaan pesawat TNI (Foto:Istimewa)

| Jakarta - Hari ini Selasa, 5 Oktober 2021, Tentara Nasional Indonesia (TNI) berulang tahun yang ke-76.

Masuk usia ke-76 tahun, salah satu hal dari TNI yang paling menjadi sorotan publik karena harus segera diperbaiki adalah soal alat utama sistem senjata (Alutsista). Beberapa insiden kecelakaan nahas melibatkan alutsista terjadi dalam sekitar 12 tahun terakhir.

Sejumlah pesawat terbang hingga kapal selam milik TNI mengalami kecelakaan yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pernah menyatakan Alutsista Indonesia sudah harus diremajakan dan diganti karena usianya yang sudah tua.

"Sebagaimana diketahui, banyak alutsista kita sudah tua, ya. Sudah saatnya memang, mendesak harus diganti," kata Prabowo usai menghadiri rapat kerja bersama Komisi I DPR RI pada Rabu (2/6) lalu.


Berikut lima kecelakaan Alutsista TNI dalam 12 tahun terakhir yang menjadi sorotan publik: 1. Pesawat Hercules C-130 Jatuh di Medan Pada 2015

1.Pesawat Hercules C-130 Jatuh di Medan Pada 2015

Pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara (AU) jatuh di permukiman warga, Jalan Letjen Jamin Ginting, Medan, pada 30 Juni 2015.
Dalam kecelakaan itu, sebanyak 142 orang tewas yang terdiri dari kru, penumpang, dan penduduk.

2.Pesawat Fokker-27 Jatuh ke Rumah Warga di Jaktim Pesawat Fokker-27 milik TNI AU jatuh menimpa rumah warga di kawasan pemukiman TNI AU, Komplek Rajawali, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis, (21/6/2012).

Kecelakaan itu mengakibatkan sepuluh orang tewas yang terdiri dari tujuh awak pesawat dan tiga warga sipil. Kecelakaan itu juga membuat delapan rumah warga hangus terbakar.

3.Pesawat Fokker-27 Jatuh di Bandung Pesawat Fokker-27 milik TNI AU jatuh di Lapangan Udara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, pada 6 April 2009.

Kecelakaan menyebabkan 24 prajurit TNI tewas. Adapun penyebab kecelakaan tersebut adalah cuaca buruk.

4.Pesawat Hercules C-130 Jatuh di Magetan Pesawat Hercules C-130 milik TNI AU jatuh di area persawahan, Desa Geplak, Magetan, Jawa Timur, pada 20 Mei 2009. Kecelakaan itu menewaskan 97 penumpang pesawat dan dua warga lokal.

5.KRI Nanggala 402 Hilang di Bali Kapal selam KRI Nanggala 402 milik TNI AL hilang kontak di 60 mil dari Bali bagian utara, Rabu (21/4/2021). Kecelakaan tersebut menewaskan 53 awak kapal selam. Seluruh korban pada akhirnya tidak bisa dievakuasi.

 

Editor: Intan Sriwidari