NASIONAL

Tak Lolos Tahap I Seleksi PPPK, Mendikbudristek Masih Kasih Kesempatan Ini

Pemerintah masih memberikan kesempatan Seleksi Kompetensi Tahap II dan III PPPK Guru yang dilaksanakan tahun ini. (Foto : istimewa/infosumsel.id)
Pemerintah masih memberikan kesempatan Seleksi Kompetensi Tahap II dan III PPPK Guru yang dilaksanakan tahun ini. (Foto : istimewa/infosumsel.id)

| Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Tahap I PPPK Guru 2021 yang diikuti 322.665 guru. Berdasarkan hasil seleksi tahap I, hanya 173.329 guru berhasil lolos.

"Dari 322.665 formasi yang dilamar oleh guru, 173.329 formasi tersebut telah terpenuhi. Jadinya dengan ronde pertama ini 173.329 guru honorer akan diangkat menjadi PPPK," ungkap Mendikbudristek Nadiem Makarim, dalam konferensi pers daring, Jumat (8/10/2021).

"Ini artinya, dari formasi yang dilamar 53,7 persen dari formasi tersebut dipenuhi," sambungnya.

Nadiem menyampaikan selamat kepada 173.329 guru yang telah lulus Seleksi Kompetensi Tahap I PPPK. Menurutnya, jumlah guru yang lolos seleksi kompetensi kali ini terbilang cukup banyak.

"Ini merupakan salah satu angka terbesar. Jadi ini hari historis bagi kita dan ini baru ronde pertama," ujarnya.


Bagi guru yang tidak lolos passing grade dan tidak lolos formasi, kata Nadiem, jangan khawatir. Pemerintah masih memberikan kesempatan Seleksi Kompetensi Tahap II dan III PPPK Guru yang dilaksanakan tahun ini.

"Jadi setiap guru honorer diberikan tiga kesempatan mengambil tes seleksi. Jadi bisa memiliki jangka waktu untuk belajar, belajar, belajar dan mencoba lagi," ujarnya.

Sementara bagi guru yang belum siap mengikuti seleksi kompetensi kembali pada tahun 2021, bisa mengikuti tahun depan. Seleksi kompetensi guru tidak hanya digelar tahun ini.

"Jadi ini baru awal saja daripada proses pengangkatan PPPK. Bisa juga tahun depan," ucapnya

Editor: Jon Morino