POLITIK

Prabowo Kembali Dicalokan Sebagai Capres, Ini Kata PA 212

Ketua Persaudaraan Alumni (PA 212) Slamet Ma'arif tak mau terlalu cepat merespon, terlebih dalam memberikan dukungan seperti halnya yang dilakukan pada Pilpres 2019 silam. (Foto : istimewa/infosumsel.id)
Ketua Persaudaraan Alumni (PA 212) Slamet Ma'arif tak mau terlalu cepat merespon, terlebih dalam memberikan dukungan seperti halnya yang dilakukan pada Pilpres 2019 silam. (Foto : istimewa/infosumsel.id)

| Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra dikabarkan kembali akan mencalonkan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.menanggapi kabar ini, Ketua Persaudaraan Alumni (PA 212) Slamet Ma'arif tak mau terlalu cepat merespon, terlebih dalam memberikan dukungan seperti halnya yang dilakukan pada Pilpres 2019 silam.

"Sebaiknya jangan ganggu dulu Prabowo Subianto dengan urusan Capres, biarkan beliau fokus menjalankan amanah sebagai Menhan," kata Slamet, Senin (11/10/2021).

Ketika disinggung soal pemberian dukungan, mantan Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) itu mengatakan, saat ini pihaknya belum membahas terkait dukungan tersebut. Sebab, waktu pertarungan Pilpres masih terlampau jauh.

Dirinya hanya menegaskan, PA 212 akan memberikan dukungan kepada siapapun Capres nantinya jika didasari pada hasil musyarawah para ulama dan tokoh.

"Belum dibicarakan karena masih jauh, PA 212 akan memberikan dukungan kepada siapapun yang nantinya hasil dari istikharoh dan musyawarah para ulama dan tokoh di 212," tukasnya.


Sementara itu Partai Demokrat justru mengkritik deklarasi Partai Gerindra memastikan Prabowo Subianto akan maju pilpres 2024.

Menurut Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra hal tersebut dirasa kurang tepat karena situasi masih pandemi covid-19 dan ekonomi belum sepenuhnya berjalan dengan baik.

"Kita tidak boleh lengah melihat tren kasus positif dan meninggal akibat pandemi Covid-19. Membicarakan pilpres 2024 saat ini rasanya kurang pas," kata Herzaky.

Menurutnya, rakyat sepertinya sudah tidak sabar ingin ada perubahan. Karena itu, wajar bermunculan aspirasi di sana-sini, membicarakan berbagai nama putra-putri terbaik bangsa, yang digadang-gadang sebagai capres untuk Pilpres 2024.

Ia menyebutkan, nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang bisa bersanding dengan sejumlah nama seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil serta Airlangga Hartarto dan Sandiaga Uno merupakan hal yang perlu diapresiasi positif.

"Sistem demokrasi perlu membuat ruang kontestasi yang terbuka untuk putra-putri terbaik bangsa. Biarkanlah setiap putra-putri terbaik bangsa saat ini, menunjukkan kinerja dan pengabdiannya untuk rakyat," ujarnya.

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani memastikan Prabowo Subianto akan mencalonkan diri di Pilpres 2024. Muzani menargetkan perolehan suara Prabowo di Sulawesi Selatan (Sulsel) menang dengan persentase 65 persen.

"Saya katakan, 2024 Pak Prabowo insyaallah akan maju dalam laga pilpres. Majunya beliau karena begitu masifnya permintaan kita semua. Majunya beliau karena begitu besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud," kata Muzani, Minggu (10/10/2021).

Editor: Jon Morino