SUMSEL 24

Kapolda Sumsel : Pemberantasan Illegal Drilling Perlu komitmen Pemerintah Setempat

 Kapolda Sumsel, Irjen Pol Toni Harmanto. (Foto : Pahmi Ramadan/infosumsel.id)
Kapolda Sumsel, Irjen Pol Toni Harmanto. (Foto : Pahmi Ramadan/infosumsel.id)

| Palembang - Kebakaran sumur minyak ilegal (illegal drilling) di Desa Keban 1 Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Muba pada Senin (11/10/2021), direspon langsung oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol Toni Harmanto. Ditemui di Polda Sumsel, Irjen Pol Toni menuturkan, bahwa pihaknya bersama stekholder terkait telah mengambil tindakan cepat.

"Tindakan yang kita lakukan yakni dengan membantu proses pemadaman api agar tidak menjalar ke pemukim warga," ujarnya Selasa (12/10/2021).

Irjen Pol Toni menuturkan, kebakaran tersebut bermula dari tindakan yang dilakukan masyarakat dengan menggali sumur minyak ilegal. 

"Atas kejadian tersebut, kita bakal mencari siapa orang yang paling bertanggung jawab atas tindakan tersebut, sehingga kita akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut, termasuk terhadap pemilik lahan terkait dengan adanya tindakan illegal drilling. Kita bersama Pak Gubernur rencanaya besok akan pergi kesana," ungkapnya.

Selama satu bulan bertugas di Polda Sumsel, sudah ada ribuan sumur minyak ilegal yang berhasil ditutup.


"Hal ini tidak hanya dilakukan Polri namun semua steckholder," bebernya.

Ia mengatakan, untuk mengatasi hal tersebut yakni salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membuka lapangan pekerjaan bagi warga setempat, dengan harapan, ilegal drilling tidak lagi terjadi. 

"Kita ketahui bahwa daerah itu merupakan daerah eukaliptus yang bagus untuk menghasilkan kayu putih. Mungkin ke depannya ada solusi bagi mereka, misalnya ada pemanfaatan CSR dari perusahaan-perusahaan setempat, ada pekerjaan yang diberikan kepada masyarakat lokal. Yang terpenting ada rekonstruksi lagi di area-area yang sudah rusak sehingga kembali hijau. Ini yang kita rekomendasikan," katanya.

Untuk itu lanjut Irjen Toni menegaskan, ada komitmen pemerintah untuk memberantas illegal drilling. 

"Komitmen kita yakni tentunya untuk menghentikan ini. Kita akan bersama-sama dengan pemerintah Sumsel dalam hal ini Forkopimda untuk menghadapinya," tutupnya.

Editor: Jon Morino