SUMSEL RAYA

Deru Minta Tambang Minyak Ilegal Ditertibkan

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meminta pihak kepolisian untuk menertibkan tambang minyak ilegal. (foto : Diskominfo)
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meminta pihak kepolisian untuk menertibkan tambang minyak ilegal. (foto : Diskominfo)

I Palembang - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meminta pihak kepolisian untuk menertibkan tambang minyak ilegal. Hal tersebut diungkapkan pasca kembali terjadinya kebakaran tambang minyak ilegal yang terjadi di Desa Keban I, Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel, dalam satu bulan ini sudah tiga kali terjadi dan menyebabkan ledakan.

“Kemarin saya sudah kordinasi dengan kapolda sumsel dan dengan kementrian ESDM memang kita sedang dengan langkah penertiban,” kata Deru di kantor gubernur, Selasa (12/10/2021).

Lebih lanjut Deru mengatakan, penambangan ilegal yang ada di daerah tersebut disebabkan karena ada oknum yang sanggup membeli harga yang lebih tinggi dibandingkan harga beli dari Pertamina.

“Sudah saya ingatkan terus bahwa penambangan ilegal itu bisa timbul karena harga yang menjanjikan di sana,” ujarnya.

Maka dari itu, Deru meminta kepada Komisaris Pertamina Basuki Tjahya Purnama (Ahok) untuk perizinannya ditertibkan dan meningkatkan harga beli minyak, agar tambang ilegal yang selama ada bisa hilang dengan adanya harga beli tinggi dari Pertamina.


“Pertamina jika tidak meningkatkan harga beli minyak, tambang ilegal itu akan selalu ada,” ucap Deru

Deru juga berharap kepada seluruh pemerintah desa dan Babinsa bekerja dengan safety menjaga tambang minyak untuk mencegah kebakaran lagi.

“Maka saya minta juga kepada semua rekan dari tingkat pemerintahan desa, babinsa agar dapat memberikan informasi terkait penambangan ilegal tersebut,” pungkasnya.


Video Terkait:
Video : Pemerintah Harus Tertibkan Sumur Minyak Ilegal
Editor: Beni Martha Daya