LIFESTYLE

Banyak Masyarakat Terjerat Pinjol, Nikita Saran Begini

Nikita Mirzani (Foto: Istimewa)
Nikita Mirzani (Foto: Istimewa)

| Jakarta - Aktris Nikita Mirzani turut berkomentar soal maraknya praktik pinjaman online (pinjol). Ada indikasi banyak masyarakat lapisan menengah ke bawah yang terjerat pinjol ilegal.

"Pinjaman online itu enggak akan pernah setop kalau masih ada manusianya yang mau," ujar Nikita Mirzani di kawasan Petukangan Selatan, Jakarta Selatan, Rabu (13/10).

Bintang film Comic 8 itu menilai bahwa masyarakat yang menggunakan pinjaman online semestinya sudah tahu risikonya. Dengan begitu mereka bisa mempertimbangkan untung dan ruginya jika menggunakan pinjaman online.

"Manusianya saja yang bodoh sudah tahu pinjaman online itu (bunganya) berlipat ganda, kenapa masih mau pinjam online?" ucap Nikita Mirzani.

"Sudahlah segala sesuatu ada risikonya, kalau misal nanti ada yang ngadu, ya, itu risiko," sambungnya.


Oleh karena itu menurutnya, kehadiran pinjaman online tak bisa sepenuhnya disalahkan.

"Sekarang enggak bisa disalahin juga karena manusianya juga mau," tutur Nikita Mirzani.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyikapi soal banyaknya masyarakat lapisan bawah terjerat pinjaman online.

Menurutnya, hal tersebut harus segera diantisipasi karena sangat membebani masyarakat dengan bunga tinggi.

Maraknya masyarakat terjerat pinjol terjadi di tengah pesatnya digitalisasi sektor ekonomi dan keuangan. Presiden Jokowi pun meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pelaku industri jasa keuangan untuk menjaga dan mengawasi perkembangan digitalisasi sektor keuangan agar tumbuh secara sehat dan berkontribusi terhadap perekonomian masyarakat.

 

 

 

Editor: Intan Sriwidari