SUMSEL RAYA

Sabtu Pagi, Warga Pagaralam Rasakan Gempa Hingga 2 Kali

Titik gempa seperti yang diinformasikan BMKG dalam akun twitternya. (Foto : istimewa/infosumsel.id)
Titik gempa seperti yang diinformasikan BMKG dalam akun twitternya. (Foto : istimewa/infosumsel.id)

| Pagaralam - Gempa bumi berkekuatan 5 skala richter (SR) dengan kedalaman 17 meter dari permukaan laut yang terjadi di Kabupaten Kaur Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu juga dirasakan masyarakat Pagaralam.

Gempa yang terjadi pada Sabtu (16/10/2021) sekira pukul 06.17 WIB, goncangan akibat gempa itu dirasakan cukup kuat oleh masyarakat Kota Pagaralam. Guncangan gempa ini sempat membuat warga panik karena terjadi dua kali berurutan.

Guncangan itu sangat terasa bahkan getarannya membuat isi rumah ikut berbunyi dan bergoyang. Berdasarkan data dari situs BMKG, gempa yang terjadi di Kabupaten Kaur Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu tersebut tidak berpotensi tsunami.

Heni (33) warga Pagaralam mengatakan, dirinya langsung berlari keluar rumah saat merasakan adanya gempa bumi tersebut.

"Saya sedang menyiapkan sarapan, tiba-tiba rumah bergoyang. Melihat ini saya langsung membawa anak-anak keluar rumah untuk mengantisipasi jika gempanya besar," ujarnya.


Dikatakannya, gempa bumi dari Bengkulu memang sering sekali terjadi dan selalu dirasakan di Kota Pagaralam. Hal ini kadang membuat warga cemas karena warga khawatir gempa berasal dari aktivitas Gunung Api Dempo (GAD).

"Kami setiap kali gempa bumi selalu saja keluar rumah dan melihat kearah Gunung Dempo. Kebetulan gunung dempo sangat terlihat dari rumah saya. Takutnya gempa yang terjadi berasal dari aktivitas Gunung Dempo," katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi gempa berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang di Kabupaten Kaur, Bengkulu pada Sabtu (16/10/2021), pukul 06.17 WIB.

BMKG melaporkan titik koordinat gempa bumi berada pada 4,92 Lintang Selatan (LS) dan 102,95 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di laut 46 kilometer Barat Daya Kaur, Bengkulu. Sementara kedalaman mencapai 17 km.

“Gempa dirasakan (MMI) III Liwa, II-III Kapahiang, II Pagar Alam,” tulis BMKG dalama akun twitternya.


Video Terkait:
Video : Gempa Banten Goncang Gedung Bank Mandiri Palembang
Editor: