POLITIK

Sosok Mr X Akan Ambil Posisi Herman Deru

Ketua DPR Partai NasDem, Herman Deru saat menggelar rapat kordinasi beberapa waktu lalu. (Foto IG DPW Nasdem Sumsel)
Ketua DPR Partai NasDem, Herman Deru saat menggelar rapat kordinasi beberapa waktu lalu. (Foto IG DPW Nasdem Sumsel)

I Palembang - Pertarungan Calon Gubernur Sumatera Selatan Periode 2024-2029 nantinya akan menarik, pasalnya pasca ditangkapnya Dodi Reza Alex Noerdin yang menjabat Ketua DPD Partai Golkar Sumsel oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) beberapa waktu lalu membuat peta Politik di Sumsel mengalami perubahan luar biasa. 

Meski ada beberapa nama tokoh politik yang digadai-gadaikan akan bertarung dalam Pilgub Sumsel yang diusung Partai Politik lainnya seperti Sosok Eddy Santana Putra dari Partai Gerindra yang saat ini menjabat DPR RI, juga Walikota Lubuk Linggau SN Prana Putra Sohe yang juga Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Ishak Mekki, yang menjabat DPR RI dari Partai Demokrat serta Wakil Ketua 1 DPRD Provinsi Sumsel Giri Ramanda Kiemas dari Partai PDI Perjuangan. Namun sosok Mr X ini yang belum diketahui namanya memiliki ketangguhan dalam berpolitik ditingkat Nasional juga kepopuleritasnya di mata masyarakat Sumsel sudah dikenal terlebih dahulu dibandingkan tokoh-tokoh politik lainnya di Sumatera Selatan.

Menurut Pengamat politik Bagindo Togar dari Bagindo Togar Political Observer and Consulting (BTPOC) menariknya dalam pertarungan pilgub Sumsel sendiri justru tokoh dari Partai Golkar itu sendiri pasca ditangkapnya Dodi Reza Alex Noerdin oleh KPK RI. Meski di Partai Golkar memiliki nama-nama tokoh politik lokal yang dapat diusung oleh DPD Partai Golkar Sumsel untuk bertarung di Pilgub nantinya namun sosok Mr X ini memiliki kekuatan politik yang luar biasa kuat di tingkat DPP Partai Golkar.

Meski sosok Mr X ini yang akan bertarung dalam Pilkada Gubernur Sumsel nantinya belum muncul namun sosok Mr X ini bisa saja sosok ini yang Diturun DPP Partai Golkar untuk bertarung dalam Pilgub 2024 nantinya. Karena Sosok Mr X ini memiliki kemampuan yang tidak dimiliki Dodi Reza Alex Noerdin.

Adanya kasus Dodi Reza Alex Noerdin ini merujuk pada Pilgub 2024 ini, bukan semerta-merta menguatkan Herman Deru untuk mendapatkan tiket sebagai calon gubernur seperti dari sisi dukungan parpol. Pasalnya Partai Nasdem harus merangkak naik ke papan atas terlebih dahulu agar Herman Deru lolos jadi calon gubernur. Sosok Mr X ini bisa saja dapat memblok partai politik lainnya untuk tidak mendukung Herman Deru sehingga kesulitan untuk mendapatkan tiket calon gubernur.


"Nah kemampuan Dodi Reza Alex Noerdin tidak sampai disitu tapi kemampuan Mr x ini nantinya yang tidak dapat diketahui siapa namun memiliki ketangguhan dan Deru akan kesulitan kalau tidak merubah strategi dan gaya kepemimpinannya,  kemudian branding personal ini akan menyulitkan Deru di Periode ke Dua,bahkan untuk mendapatkan tiketpun Deru akan kesulitan paling tinggi nantinya posisi Wakil Gubernur," ujarnya.

Walau ada beberapa nama yang kerap digadaikan-gadaikan untuk bertarung di Pilgub Sumsel nantinya namun diprediksi sosok yang namanya jarang dimunculkan namun memiliki kekuatan politik baik ditingkat nasional maupun internasional serta kepopuleritasnya di masyarakat Sumatera Selatan sudah dikenal dulu dibandingkan Herman Deru dan nama-nama tokoh parpol lainnya.

"Bisa Saja Kader Partai Golkar di tingkat pusat yang juga warga asli Sumatera Selatan diturunkan DPP Partai Golkar untuk bertarung dalam Pilkada Gubernur Sumsel nantinya," ujarnya.

Tentunya Partai Golkar ini akan menjadi kendaraan utama bagi sosok Mr X untuk tiket calon gubernur serta mengandeng partai pengusung lainnya.

"Partai Golkar nantinya sebagai pengusungnya dan bergandengan dengan partai politik pendukung lainnya," tuturnya.

Hadirnya sosok Mr X ini untuk bertarungan sebagai calon gubernur sumsel nantinya akan menarik dan luar biasa dalam bertarung Terlebih lagi, sosok Mr X ini baik dari keluarganya sendiri juga memiliki kepopuleritasnya yang sama besar dibandingkan tokoh politik sumsel lainnya.

Menurut Bagindo, Partai Golkar memiliki nama-nama tokoh politik yang besar di Sumatera Selatan namun dibandingkan sosok Mr X ini tidak hanya memiliki kekuatan politik di tingkat lokal juga ditingkat nasional serta kepopuleritasnya di mata masyarakat sudah sejak lama diketahui warga Sumsel. Terlebih lagi, Sosok Mr X ini sudah mempelajari Kekuatan, kelemahan dan kekurangan dari Herman Deru inilah yang menjadi menariknya Pilkada Gubernur nantinya.

"Ada beberapa nama tokoh Partai Lokal di tingkat Lokal yang berkeinginan untuk maju dalam Pilkada yang akan diusung dari DPD Partai Golkar, namun sosok Mr X ini akan didukung di tingkat DPP Partai Golkar," tutupnya.

 

Editor: Beni Martha Daya