PENDIDIKAN

Menparekraf Ajak Wisudawan PTNP Palembang Untuk Berwirausaha

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat menggelar konferensi press usai menghadiri wisuda PTNP Palembang. (foto : Istimewa)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat menggelar konferensi press usai menghadiri wisuda PTNP Palembang. (foto : Istimewa)

I Palembang - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para wisuda Perguruan Tinggi Pariwisata (PTNP) di Palembang untuk dapat berkontribusi mendukung program pemerintah dalam pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan cara menjalankan 4AS.

“4AS itu di antarnya kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas. Saya yakin kalau diterapkan para lulusan PTNP akan mampu menjadi pemimpin yang penting di sektor Pariwisata hingga ekonomi nanti,” ungkapnya, Jumat (22/10/2021).

Selain itu, Sandiaga menginginkan lulusan ini juga dapat memiliki  jiwa wirausaha, dengan begitu dapat membuka peluang lapangan kerja baru bagi generasi milenial di sektor tersebut.

“Wirausaha bukanlah sebuah profesi, melainkan mindset untuk selalu bekerja keras, optimis, inovatif, kreatif, dan memiliki leadership. Jadilah agen perubahan, jangan menjadi kaum rebahan,” katanya.

Apalagi, menurut Sandiaga, PTNP dalam kurikulumnya telah memicu mahasiswa untuk memiliki jiwa wirausaha.


Di antaranya dengan memasukkan mata kuliah wirausaha, membangun Inkubator Bisnis, menyelenggarakan workshop atau seminar kewirausahaan, mendorong mahasiswa mengikuti berbagai kompetisi wirausaha.

Berbagai program tersebut dibangun dengan berkolaborasi bersama sejumlah mitra. Baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta, organisasi, dan industri untuk mengembangkan program wirausaha.

“Seperti kolaborasi dengan STED, SBM ITB, Universitas Ciputra, Gojek, Inkubator Usaha Lestari (INKURI), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), para UKM, dan Himpunan Bisnis atau Himpunan Bisnis Inkubasi Perguruan Tinggi lain,” terangnya.

Program tersebut, lanjutnya diterapkan di seluruh PTNP di Indonesia yang berada di bawah Kemenparekraf/Baparekraf. Saat ini, ada enam PTNP di Indonesia. Diantaranya, STP NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Makassar, Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok. 

Editor: Beni Martha Daya