LIFESTYLE

Facebook Akan Bayar Konten Berita Media Prancis, Kapan di Indonesia?

Ilustrasi Facebook (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Facebook (Foto: Istimewa)

| Jakarta - Menjalankan arahan dari regulator Uni Eropa, Facebook akhirnya menandatangani perjanjian awal dengan perusahaan media di Prancis, Kamis waktu setempat.

Kesepakatan itu terkait pembayaran konten berita yang dibagikan di platform Facebook. Seorang sumber mengatakan, perusahaan media pertama yang melakukan perjanjian dengan Facebook itu ialah Alliance de la Presse d'Information Generale (APIG).

Perusahaan induk itu mewakili sejumlah media terkemuka di Prancis seperti Le Monde, Le Figaro, dan Les Echos.

Kesepakatan awal yang berbentuk lembar istilah itu mencantumkan prinsip-prinsip utama perjanjian dan biaya lisensi. Namun, Facebook tidak memberikan rincian mengenai isi perjanjian tersebut.

Lembar istilah juga akan segera diikuti oleh perjanjian kerangka kerja yang memungkinkan anggota APIG menandatangani lisensi masing-masing dengan Facebook.


Akan ada dua jenis lisensi, kata sumber tersebut. Satu untuk penggunaan konten berita di platform utama Facebook dan satu untuk layanan Facebook News yang akan datang, yang akan mengkurasi konten dari berbagai penerbit.

Rencananya, layanan Facebook News akan diluncurkan di Prancis pada 2022.

Kesepakatan Facebook dengan APIG tersebut dilakukan berdasarkan arahan dari pihak berwenang di Uni Eropa yang membuat perusahaan media sosial harus memberikan kompensasi terhadap konten berita yang mereka bagikan di platform

 


Video Terkait:
Video : Tak Mau Balikan, Gadis Cantik di Ancam Dengan Video Syurnya
Editor: Intan Sriwidari