EKONOMI

Kurasi Produk UMKM Sumsel, Bank Indonesia Hadirkan Kurator Nasional

Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan terus mendorong UMKM Sumatera Selatan untuk mampu menembus pasar ekspor. Salah satunya dengan menggelar webinar UMKM Go Ekspor
Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan terus mendorong UMKM Sumatera Selatan untuk mampu menembus pasar ekspor. Salah satunya dengan menggelar webinar UMKM Go Ekspor "Menjadi Andal di Pasar Global. (foto : Bank Indonesia)

I Palembang - Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan terus mendorong UMKM Sumatera Selatan untuk mampu menembus pasar ekspor. Salah satunya dengan menggelar webinar UMKM Go Ekspor "Menjadi Andal di Pasar Global" dengan menghadirkan Lisa Fitriani Kurator Fashion Nasional dan Bernardus Arwin Kurator Kriya Nasional pada Senin (25/10/2021).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan, Hari Widodo mengatakan produk UMKM dibidang fashion dan kriya memiliki potensi untuk menembus pasar global, oleh karena itu untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pelaku UMKM khusus bidang Fashion dan Kriya pihaknya mendatangkan kurator nasional sebagai narasumber dalam webinar nantinya.

"Peserta nantinya secara langsung mendapatkan materi dari Lisa Fitriani Kurator Fashion Nasional dan Bernardus Arwin Kurator Kriya Nasional tentang bagaimana pelaku UMKM menjadi andal di Pasar Global," ujarnya, saat bincang-bincang media semarak UMKM Sriwijaya (Seru Sriwijaya) 2021, di kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan, Jumat (22/10/2021).

Webinar ini menurutnya perlu dilakukan agar memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM dalam memproduksi suatu produk yang menyesuaikan akan kebutuhan pasar global negara tujuan.

"Kebanyakan pelaku UMKM memproduksi produk yang mereka inginkan padahal untuk menembus pasar ekspor tersebut pelaku UMKM memproduksi produk yang dibutuhkan oleh pasar atau yang dituju negara ekspor, itulah yang didikan oleh kurator agar produk UMKM bisa menyesuaikan kebutuhan pasar ekspor," ujarnya.


Pelaku UMKM perlu mendapat pelatihan untuk mengembangkan produk dan manajemennya, karena potensi produk UMKM Sumatera Selatan cukup besar namun kesesuaianya marketnya perlu digarap lebih serius. Untuk menggarap potensi produk UMKM in, Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan juga melakukan kurasi produk UMKM yang berpotensi ke pasar Ekspor seperti UMKM bidang Kain/Fashion berupa produk busana ready to wear, Aksesories meliputi topi, syal, dasi dan sejenisnya, tas, dompet, pouch dan sejenisnya, sedangkan untuk UMKM Kriya/Kerajinan seperti produk Home Decoration, Homeware, perhiasan, pahatan/anyaman.

“Untuk melakukan kurasi, mana yang siap dan mana yang perlu modifikasi. Kalau soal kualitas saya yakin produk UMKM Sumsel berani bersaing, tapi ke mana pasarnya itu perlu diketahui,” paparnya.
'
Menurutnya, UMKM di Sumatera Selatan perlu melakukan inovasi produk. Selain peningkatan kualitas juga manajemen marketingnya. Selain webinar produk UMKM Go Ekspor, Bank Indonesia juga menggelar Webinar UMKM Fashion dengan tema "Strategis Bisnis Fashion : Lika Liku Menjadi Laku" dengan menghadirkan Ria Miranda dan Muhammad Pandu Rosadi Owner of Brand Fashion Ria Miranda dan Yukka Harlanda owner of Brand Fashion Brodo. Dihari terakhir yakni 27 Oktober 2021 webinar UMKM Food dengan tema "Bisnis Masa Kini : Tea or Coffee" dengan menghadirkan Owner Of Es Teh Indonesia dan Sylvia Surya CEO Kopi Soe dan COO Menantea

Editor: Beni Martha Daya