SUMSEL RAYA

Kegiatan Super Sibuk, Joncik Tetap Hobi Membaca dan Berorganisasi

Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad yang juga Ketua KAHMI Sumsel saat melantik MD KAHMI Empat Lawang beberapa waktu lalu. (Foto : IG Joncik)
Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad yang juga Ketua KAHMI Sumsel saat melantik MD KAHMI Empat Lawang beberapa waktu lalu. (Foto : IG Joncik)

I Palembang - Berorganisasi dan Membaca dua aktivitas tak lepas dari kehidupan sehari-hari Joncik Muhammad. Meski kesibukannya menjadi Bupati Empat Lawang yang padat, ia tak pernah melepaskan dua aktivitas ini.

Dikatakanya, saat program To The Point Infosumsel.ID melalui Channel Youtube Infosumsel.TV, Organisasi telah mendarah daging di dalam diri sejak dari duduk di bangku sekolah. Ia menilai, dengan berorganisasi dapat membentuk karakter dan attitude seorang. Saat duduk di Sekolah Menengah Pertama, ia telah aktif di Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Begitupun saat duduk di Sekolah Menengah Umum, tak hanya aktif di OSIS ia juga aktif di organisasi kepencintaan alam.

"Organisasi sudah menyatu di diri saya, memang rasanya kalau tidak punya aktivitas di organisasi ada sesuatu hilang memang sejak dari kecil aktif di organisasi seperti di SMP aktif di OSIS, Di SMA saya pecipta Alam," ujarnya 

Tak berhenti disitu, saat duduk di Perguruan Tinggi dirinya tak hanya aktif di organisasi kampus tapi juga organisasi di luar kampus seperti Organisasi HMI, organisasi Kedaerahan. Diakuinya, saat berorganisasi sebagai mahasiswa membuat dan menempa dirinya hingga menjadi Kepala Daerah saat ini.

"Di Perguruan tinggi ini yang membuat dan menempa saya seperti ini, di Kampus saya juga Ketua BEM Fakultas, aktif di HMI serta Organisasi Kedaerahan, itu sudah menjadi bagian keseharian saya saat menjadi Mahasiswa," tuturnya.


Dirinya memegang prinsip jika ilmu yang didapatkan di bangku kuliah melalui perkuliahan yang akademik merupakan rutinitas yang bagus dan baik akan tetapi ilmu manajemen, ilmu kemasyarakatan serta ilmu sosial itu akan didapat di dalam organisasi.

"Akan berbeda seseorang yang berbasis hanya kuliah saja dengan seorang yang berorganisasi, maka orang yang berorganisasi akan bisa mempetakan, menganalisa serta membuat program yang mana skala prioritas yang mana tidak, maka dari situ membuat saya aktif," katanya.

Selain aktif di Organisasi, Membaca juga tak lepas dari kehidupan sehari-harinya, Membaca sudah menjadi budaya di dalam dirinya hingga saat ini. "Terus Terang saya lebih suka membaca karena mungkin budaya juga karena dulu tidak ada yang ditonton ketika di kampung," ucapnya.

Diakuinya, meski disela-sela kesibukkan baik menjadi Kepala Daerah, Memimpin Organisasi dirinya tidak pernah lepas dari membaca. Bahkan hendak tidur dirinya membaca terlebih dahulu. begitupun menjelang pagi hari, usai sholat Shubuh dirinya pun menyempatkan diri untuk membaca terlebih dahulu.

"Saya tidak bisa tidur kalau tidak membaca sesibuk apapun sebelum tidur itu harus baca, itu sudah menjadi kebiasan kemudian habis sholat shubuh saya itu selalu ingin ada yang dibaca baik itu buka buku maupun search di google, makanya dulu buku saya banyak karena saya suka baca." tutupnya.


Video Terkait:
Video : Joncik Siapkan Konsep Pimpin Kota Palembang
Editor: Beni Martha Daya