EKONOMI

Penyebab Penyaluran Dana Desa Belum Capai Target

Ilustrasi : Dana Desa (foto : istimewa)
Ilustrasi : Dana Desa (foto : istimewa)

I Palembang - Masih adanya beberapa kendala dalam penyaluran dana desa ke 2.583 desa di Sumatera Selatan menyebabkan capaian penyaluran desa hingga 30 September 2021 baru mencapai Rp1,73 triliun atau sebesar 64,30 persen dari total pagu anggaran Rp2,69 triliun. 

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sumsel, Lyidia Kurniawati Christyana mengatakan sesuai dengan PMK 94 tahun 2021, pihaknya telah melakukan percepatan penyaluran dana desa. Namun hanya saja ada beberapa kendala dihadapi dalam proses penyalurannya.

“Seperti pengajuan BLT Dana Desa yang masih bersifat kumulatif. Harus menunggu kesiapan dari banyak desa,” ujarnya, Senin (1/11/2021) 

Selain itu, faktor lainnya indikasi adanya tahapan pengajuannya, mulai dari tingkat desa, kecamatan dan tenaga ahli level kabupaten yang belum disertai batas waktu. Kemudian, adanya pengaturan tambahan yakni rekomendasi dari kecamatan yang bersangkutan.

Saat ini penyaluran Dana Desa masih di tahap dua,  1.433 desa dengan total dana mencapai Rp393,63 miliar. Untuk tahap III, sudah ada dua desa dari Kota Prabumulih yang telah melakukan pencairan.


“Nilainya Rp725,06 juta. Kita berharap, desa lainnya bisa mengikuti. Sehingga, penyaluran dana desa bisa tepat waktu dan sasaran,” ungkapnya.

Dijelaskan Lyidia, masih banyak pengelola dana desa  yang belum memahami regulasi mengenai dana desa. Untuk itu, pihaknya bakal menggelar open class dengan tema mengawal akuntabilitas dana desa. “Perlu adanya pemahaman bagi aparatur desa terhadap regulasi yang ada,” pungkasnya


Video Terkait:
VIDEO: Bapak dan Anak Kompak Tilep Dana Desa
Editor: Beni Martha Daya