SUMSEL RAYA

Segera Keluar Larangan Berburu Harta Karun di Sungai Musi

Ilustrasi harta karun ( Foto: Istimewa)
Ilustrasi harta karun ( Foto: Istimewa)

| Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan segera menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 2020, yakni tentang Pengelolaan Cagar Budaya. Hal in terkait  perburuan harta karun di Sungai Musi di Palembang yang kian menggeliat.

Perda tersebut membahas tentang, jika seseorang menemukan harta peninggalan yang bernilai sejarah, dilarang untuk menjual atau mengelolanya secara sembarang dan melaporkan penemuan kepada Disbud Palembang.

Isu yang berkembang harta karun yang diduga peninggalan prasejarah dan Kesultanan Palembang Darussalam di dasar Sungai Musi Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).

Kepala Bidang Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Kebudayaan (Disbud) Palembang Rudi Indrawan mengatakan, isu harta karun di Sungai Musi, sudah sejak dulu terdengar.

Namun dia mengakui, beberapa tahun terakhir setelah penyelam menemukan patung Buddha dan perhiasan emas dan permata, perburuan harta karun di Sungai Musi di Palembang yang kian menggeliat.


“Beberapa dijual dengan harga yang sangat tidak layak dengan nilai sejarah dari harta tersebut, bila memang benar itu peninggalan sejarah,” ujarnya.

 

Editor: Intan Sriwidari