NASIONAL

Delapan Jam Diperiksa, Istri Alex Noerdin Dicecar Soal Harta Suaminya

Alex Noerdin bersama sang istri Sri Eliza. (foto : IG Alex Noerdin)
Alex Noerdin bersama sang istri Sri Eliza. (foto : IG Alex Noerdin)

I Jakarta - Sri Eliza istri dari tersangka Alex Noerdin mantan Gubernur Sumatera Selatan diperiksa Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai saksi terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi pembelian gas bumi oleh Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PD PDE) Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala Pusat Penerangn dan Hukum (Kapuspenkum) Kejakgung, Leonard Ebenezer Simanjuntak mengatakan, istri Alex yang diperiksa itu berinisial E. 

“Saksi E, diperiksa selaku istri dari tersangka AN,” ujar Ebenezer dalam keterangan resmi yang diterima wartawan di Jakarta, Selasa (9/11/2021)

Dalam pemeriksaan selama delapan jam tersebut, Sri Eliza dihadapkan dengan pertanyaan seputar aliran dana ke dirinya dari sang suami Alex Noerdin.

“E, isteri dari tersangka AN, diperiksa terkait dengan aliran transaksi keuangan,“ jelasnya.


Direktur Penyidikan Jampidsus, Supardi menuturkan, pemeriksaan terhadap para keluarga, dan pendalaman terkait transaksi keuangan para tersangka korupsi, terkait dengan tindak pidana pencucian uang (TPPU). 

Meskipun dalam kasus ini, Alex Noerdin belum dijerat TPPU. Namun, dipaparkan, Supardi, penyidik, dalam pengungkapan, tetap menjadikan TPPU, sebagai ancaman pidana tambahan yang dapat menjerat Alex Noerdin.

Dalam rencana penjeratan TPPU tersebut, ucap Supardi, sementara ini, tim penyidiknya juga sudah melakukan blokir terhadap aset-aset berharga milik Alex Noerdin. Itu dilakukan, agar tak terjadi pindah tangan sebelum perampasan resmi. 

“Jadi, tim sudah mengajukan permohonan. Ada banyak yang dimohonkan untuk disita di beberapa tempat. Tetapi, saya belum bisa memerinci, karena harus diteliti satu per satu,” ulas Supardi, pada Selasa (9/11/2021).

Kasus dugaan korupsi pembelian gas bumi oleh PDPDE Sumsel, terjadi pada 2008-2018. Kejakgung, menebalkan angka kerugian negara mencapai Rp 480-an miliar. 

Dalam kasus tersebut, Jampidsus sudah menetapkan empat orang tersangka. Yakni mantan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin (AN), dan rekannya, Muddai Maddang (MM). Dua tersangka lainnya, adalah Caca Isa Saleh S (CISS), dan A Yaniarsyah Hasan (AYH).

 


Video Terkait:
Video : Kapolda Tanggapi Uang Haram Kasus Suap PUPR Muba ke Polda Sumsel
Editor: Beni Martha Daya