iNFO TV

Video : Gubernur Sayangkan Empat Lawang Kembalikan Vaksin Moderna

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru menyayangkan tindakan Dinas Kesehatan Empat Lawang yang mengembalikan ribuan dosis vaksin moderna ke Dinas Kesehatan Sumsel. (Foto : infosumsel)

I Palembang - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru menyayangkan tindakan Dinas Kesehatan Empat Lawang yang mengembalikan ribuan dosis vaksin moderna ke Dinas Kesehatan Sumsel. Dikatakannya, tidak maunya masyarakat memakai vaksin covid 19 jenis moderna ini dikarenakan minimnya edukasi kepada masyarakat akan vaksin tersebut.

Padahal, Kabupaten Empat Lawang menjadi salah satu daerah yang penyerapan vaksinnya rendah di Provinsi Sumsel. Sementara, Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel, Mgs Saiful Padli, menyatakan, rendahnya realisasi vaksinasi terutama tiga kabupaten termasuk Empat Lawang yang masih di bawah 20 persen, dikarenakan beberapa faktor di antaranya jumlah Faskes dan Nakes yang minim di daerah itu.

Selain itu menurutnya capaian vaksinasi 43 persen di Sumsel masih rendah jika dibanding provinsi lain di Indonesia yang rata- rata sudah di atas 50 persen.

"Oleh karena itu Pemerintah Provinsi harus jeli untuk melihat, jika ada kekurangan SDM kesehatan di daerah untuk menggesernya," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Empat Lawang, Hj Hepy Safriani Joncik mengatakan pihaknya telah mengembalikan vaksin tersebut untuk ditukar dengan merek Astra Zeneca.


Dikatakannya dikembalikan vaksin tersebut lantaran adanya efek samping yang cukup berat pada beberapa penerima usai divaksinasi. Bahkan Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad mengalami demam tinggi selama 3 hari setelah menerima vaksin tersebut.

Ia juga mengatakan sebelum divaksin masyarakat diberi tahu akan disuntik vaksim Moderna, kemudian mereka menolak. Adapun untuk realisasi vaksinasi di Kabupaten Empat Lawang saat ini untuk tahap satu dan dua ada di angka 28,17 persen.

Editor: Beni Martha Daya