SUMSEL RAYA

Lahat Resmi Jadi Tuan Rumah Porprov ke - XVI Tahun 2023

Sekda Lahat Chandra SH MM menerima bendera pataka Porprov Sumsel ke XIV, Senin (29/11). (Foto: Ismail/infosumsel.ID)
Sekda Lahat Chandra SH MM menerima bendera pataka Porprov Sumsel ke XIV, Senin (29/11). (Foto: Ismail/infosumsel.ID)

| Lahat - Kabupaten Lahat akhirnya resmi menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Propinsi (Porprov) Sumsel ke XIV Tahun 2023 mendatang.

 

Penyerahan bendera patakah diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, usai menutup closing Ceremony di Danau Raya Kabupaten OKU Selatan dan diterima Bupati Lahat yang diwakilkan oleh Sekda Lahat, Chandra, SH, MM, Minggu malam (28/11/21).

Usai menerima bendera patakah, Sekda Lahat, Chandra, SH, MM menyampaikan, Kabupaten Lahat siap menjadi tuan rumah Porprov Sumsel. Dia menyebutkan, secara fisik Kabupaten Lahat layak dan memenuhi syarat sebagai tuan rumah karena memiliki banyak sarana olahraga seperti lapangan untuk berbagai cabang lomba. Meskipun masih ada yang nantinya butuh perbaikan fasiltas.

Selain sarana penunjang olahraga, Kabupaten Lahat juga memiliki banyak fasilitas Hotel untuk mendukung penginapan para atlet selama lomba  berlangsung.


“Hampir semua cabang olahraga kita punya lapangannya, karena untuk menjadi tuan rumah adalah ketersediaan lapangan pertandingan dan ada tempat penginapan,” jelasnya.

Disampaikan Chandra, menjadi tuan rumah sebuah pesta olah raga adalah salah satu cara mempromosikan suatu daerah. Dari event itu mata tertuju ke Kabupaten Lahat. Dan masyarakat sendiri menikmati dampak ekonomi dari pagelaran ini.

"Sektor perhotelan, restoran, serta kuliner. Tak ketinggalan para pelaku usaha sektor transportasi, konveksi, kerajinan dan pariwisata yang dipastikan alami peningkatan omzet saat penyelenggaraan," tambahnya.

Sementara itu, Ketua KONI Lahat Kalsum Barefi menuturkan, secara keseluruhan Kabupaten Lahat sudah memenuhi untuk sarana olahraga namun memang perlu dilakukan perbaikan sedikit.

Diakui oleh Barefi masih ada beberapa sarana olahraga yang belum terpenuhi seperti renang dan atletik.

"Renang dan lintasan atletik itulah yang kurang, kalau yang lain tinggal diperbaiki, tapi bisa kita pinjam atau pakai kolam renang Dodik," ungkapnya.

Yang jelas dikatakan Barefi, Kabupaten Lahat sendiri siap menjadi tuan rumah Porprov nanti, untuk penginapan dan Hotel tentu saja Lahat sudah siap banyak.

"Kalau kota lihat jumlah hotel maupun pinginap kita sudah cukup, tentu saja Porprov OKU Raya ini akan contoh kita nantinya," katanya.

 

 

 

 

 

 

Editor: Intan Sriwidari