POLITIK

Presenter Top Kena Skors Terkait Kasus Cabul Sang Kakak

 Andrew Cuomo ( Foto: Istimewa)
Andrew Cuomo ( Foto: Istimewa)

| Jakarta - Media ternama Amerika Serikat, CNN, menangguhkan presenter terkenal, Chris Cuomo, usai dokumen baru mengungkapkan pelanggaran kode etik jurnalistik terkait kasus pelecehan seksual sang kakak, eks Gubernur New York Andrew Cuomo.

Dalam dokumen terbaru, Chris Cuomo kedapatan berinteraksi dengan ajudan mantan Gubernur New York memanfaatkan koneksi di media untuk membela saudaranya.

Acara "Anderson Cooper 360" seharusnya tayang pada Selasa malam pukul 21.00 waktu setempat. Namun, pengumuman terkait penangguhan itu sangat mengejutkan.

Program tersebut sering kali menjadi acara yang paling banyak ditonton CNN. Ia lebih terkenal dari kehidupan pribadinya.

Chris juga tetap bertekad tetap tampil di televisi meski ada banyak tuduhan pelecehan seksual terhadap saudaranya, yang merupakan eks Gubernur New York, Andrew Cuomo.


Penangguhan itu muncul usai publik menilai Chris melanggar norma jurnalistik, berdasarkan sebuah dokumen yang dirilis Jaksa Agung New York, Letitia James. Di dokumen itu tertera jurnalis veteran terlibat terlibat lebih jauh dalam membela Cuomo.

"Kantor kejaksaan Agung New York merilis transkrip dan menunjukkan keterlibatan Chris Cuomo dalam menyusun pembelaan saudaranya," ujar Juru Bicara CNN.

Dokumen itu berisi pesan teks dan transkrip wawancara dengan penyelidik. James juga yang memimpin penyelidikan kasus pelecehan seksual yang melibatkan Cuomo.

Tak hanya itu, dokumen itu membeberkan pesan teks antara Chris Cuomo dengan Melisa DeRossa, yang merupakan ajudan tertinggi Cuomo. Hal ini menunjukkan Chris punya peran penting dalam menyusun pembelaan atas kasus tuduhan pelecehan seksual.

Pesan teks itu juga mengungkapkan Chris berusaha menggunakan koneksinya di media untuk membantu mempersiapkan tim gubernur saat para penuduh mulai mempublikasikan cerita mereka.

Chris pun mengaku pada penyelidik bahwa ia memang berusaha mempelajari lebih lanjut soal sebuah cerita dari jurnalis Ronan Farrow. Ia menilai pembelaan itu sebagai praktik yang lazim.

"Ide seorang reporter menelepon reporter lain untuk mencari tahu tentang apa yang terjadi adalah hal biasa," katanya.

Dokumen itu, kata Jubir CNN, menimbulkan pertanyaan yang serius.

"Saat Chris mengaku menawarkan nasihat kepada staf saudaranya, dia melanggar aturan kami dan kami mengakui secara terbuka," lanjut jubir itu.

Namun demikian, CNN menghargai posisi Chris dan memahami kebutuhan presenter itu untuk mengutamakan keluarga dan pekerjaan lain.

"Bagaimanapun, poin dokumen ini menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih besar dalam upaya (membela) saudaranya daripada yang kita ketahui sebelumnya," terang Jubir itu.

Salah satu korban pelecehan seksual Cuomo, Charlotte Bennet, meminta CNN agar segera mengambil tindakan.

"Apapun selain menangguhkan Chris Cuomo mencerminkan jaringan yang mendukungnya," kata Bennet di akun Twitter.

Tim Cuomo Prime Time sudah berencana menyiarkan sampai muncul pengumuman penangguhan Chris Cuomo, kata seseorang yang mengetahui masalah tersebut.

 

Editor: Intan Sriwidari