OLAHRAGA

Kevin/Marcus Lolos ke BWF Worl, Ini Perjuangannya

Kevin-Markus ( Foto: Istimewa)
Kevin-Markus ( Foto: Istimewa)

| Jakarta - Kevin Sanjaya/Marcus Gideon lolos ke final BWF World Tour Finals 2021 usai kalahkan Lee Yang/Wang Chi Lin 18-21, 23-21 21-17 di Bali International Convention Center, Sabtu (4/12).

Jual-beli serangan langsung terjadi pada awal gim pertama. Baik Kevin/Marcus maupun Lee/Wang sama-sama menekan lewat smes-smes keras.

Kevin/Marcus dan Lee/Wang juga silih berganti meraih poin maupun merebut posisi unggul. Setelah tertinggal 2-3, Kevin/Marcus berbalik unggul 4-3.

Pengembalian Marcus yang menyangkut di net membuat Lee/Wang yang sebelumnya tertinggal 6-8 menyamakan skor jadi 8-8. Pasangan Taiwan itu berbalik unggul 10-8 setelah pengembalian Kevin keluar lapangan.

Pengembalian Marcus yang gagal melewati net membawa Lee/Wang meraih lima poin beruntun sekaligus unggul 11-8 pada interval gim pertama.


Usai interval, Kevin/Marcus kembali memberikan perlawanan dengan menyamakan skor 16-16.

Sejumlah kesalahan dilakukan Kevin/Marcus usai interval, baik lewat pengembalian yang tanggung maupun menyangkut di net, sehingga menguntungkan Lee/Wang.

Lee/Wang menjauh dengan keunggulan tiga poin 19-16 setelah drop shot Lee gagal dikembalikan Marcus. Bola tanggung Marcus langsung disambar Wang yang membawa mereka meraih game point 20-17.

Akan tetapi gim pertama milik Lee/Wang dengan skor 21-18 setelah pengembalian Marcus keluar lapangan.

Pada awal gim kedua giliran Lee/Wang yang membuat sejumlah blunder. Pengembalian yang tanggung dari Kevin ingin dituntaskan oleh Wang Chi Lin. Akan tetapi pukulan Wang menyangkut di net yang membuat Kevin/Marcus unggul 6-5

Drive Wang dalam upayanya mengembalian pukulan Kevin gagal melewati net. Kevin/Marcus kembali unggul 9-8. Pengembalian Lee Yang yang terlalu memanjang membuat The Minions unggul 11-9 pada interval gim kedua.

Dua kesalahan dari Lee/Wang membuat skor kembali imbang 13-13. Pukulan Lee/Wang yang terlalu keras membuat kok meluncur deras keluar lapangan, Kevin/Marcus unggul 16-15.

Wang Chi Lin lag-lagi membuat kesalahan setelah cegatannya hanya membuat kok menyangkut di net, Kevin/Marcus unggul 19-16. Kevin/Marcus meraih game point 20-19 setelah pengembalian Lee Yang terlalu melebar.

Setelah dua kali setting, Kevin/Marcus meraih kemenangan gim kedua 23-21 lantaran pengembalian Lee menyangkut di net.

Smes keras Marcus membuat ganda Indonesia meraih dua poin beruntun sekaligus berbalik unggul 4-3. Pertahanan Minions yang luar biasa dan pengembalian Wang Chi Lin yang menyangkut di net membuat Kevin/Marcus unggul 7-6.

Kombinasi smes keras dengan drop shot Kevin/Marcus kembali mengecoh Lee/Wang. Drop shot Marcus memaksa Lee Yang melempar raket setelah tidak bisa menjangkau kok.

Kesalahan drive dari Wang Chi Lin membuat Kevin/Marcus unggul 11-9 pada interval gim ketiga. Dua kesalahan beruntun dari Wang dalam melakukan drive membuat Kevin/Marcus unggul 17-12. Kevin/Marcus ke final BWF World Tour Finals setelah pengembalian Lee/Wang melebar, skor 21-17.

 

Editor: Intan Sriwidari