LIFESTYLE

Arti Penting Adegan Seks dalam Film Seperti Dendam

Adegan Film Dendam ( Foto: Istimewa)
Adegan Film Dendam ( Foto: Istimewa)

| Jakarta - Sutradara sekaligus penulis naskah Edwin menyatakan adegan seks dalam film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas merupakan salah satu unsur penting yang tidak bisa dihilangkan ketika mengadaptasi novelnya.

Adegan seks tersebut, kata Edwin, merupakan penggambaran dampak psikologis akibat pelecehan seksual yang dialami Iteung (Ladya Cheryl) di masa lalu.

"Enggak mungkin kalau itu (adegan seks) tidak dimasukkan. Kalau itu dihilangkan, apa yang bisa diceritakan di film ini?," kata Edwin, baru-baru ini.

Iteung pernah mengalami pelecehan seksual oleh gurunya ketika duduk di bangku sekolah. Kejadian itu kemudian membuatnya seperti haus seks.

Permasalahan pun dimulai ketika Iteung menikah dengan Ajo Kawir (Marthino Lio) yang juga mengalami pelecehan seksual hingga membuatnya impoten akibat trauma. Pernikahan itu membuat Iteung tak merasakan kepuasan dalam berhubungan seks.


Alhasil, Iteung mendapatkan kepuasan itu dari orang lain, yakni Budi Baik (Reza Rahadian).

"Ya itu harus digambarkan dengan seobjektif mungkin, tanpa ada yang dikurangi atau dilebih-lebihkan juga, sesuai dengan fungsinya, bahwa (adegan seks di film ini) untuk menggambarkan betapa kekerasan seksual itu bisa sangat traumatis," kata Edwin.

Adegan seks dalam film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas sejatinya disinggung dalam novel dengan cara metaforis yang membuat pembaca menafsirkannya sendiri.

Edwin memutuskan mengadaptasi adegan itu dalam filmnya. Hal tersebut diputuskan setelah berdiskusi dengan para pemain, yakni Ladya Cheryl, Marthino Lio, Reza Rahardian, termasuk kru yang terlibat dalam pengambilan gambar.

Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas merupakan film terbaru yang disutradarai Edwin. Film ini diangkat dari novel berjudul serupa karya Eka Kurniawan.

Sebelum diputar Indonesia, Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas telah melanglang buana di dunia internasional. Film itu tayang perdana di Festival Film Locarno 2021 dan mendapatkan Golden Leopard, penghargaan tertinggi di festival itu.

Film itu juga telah tayang di Festival Film Toronto 2021 dan juga menjadi pembuka Festival Film Internasional Singapura pada 25 November 2021.

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas tayang di bioskop Indonesia sejak 2 Desember 2021.

 


Video Terkait:
VIDEO: Film Mencekam G30S PKI
Editor: Intan Sriwidari