SUMSEL RAYA

BPBD Imbau Warga Waspada Bencana Banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang, meminta masyarakat untuk tetap waspada, terhadap bencana alam.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang, meminta masyarakat untuk tetap waspada, terhadap bencana alam.

I Empat Lawang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang, meminta masyarakat untuk tetap waspada, terhadap bencana alam. Sebab berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan di Kabupaten Empat Lawang pada bulan Desember ini cukup tinggi.

“Untuk Desember 2021 ini, berdasarkan data dari BMKG curah hujan tinggi di Kabupaten Empat Lawang. Data sementara itu sampai bulan Desember, untuk bulan Januari belum ada pemberitahuan lebih lanjut,” ungkap Kepala BPBD Empat Lawang, Sahrial Podril.

Untuk itu lanjut dia, BPBD Empat Lawang menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Empat Lawang, agar selalu waspada terhadap bencana alam. Khusunya di wilayah Paiker, Lintang Kanan, Sikap dalam dan Ulu Musi, yang berpotensi banjir.

“Sebab Kecamatan Paiker, Ulu Musi, Sikap Dalam dan Lintang Kanan itu rawan banjir, jadi tetap waspada,” imbaunya.

Untuk tanah longosor sambung Sahrial, berdasarkan kondisi geografis, itu berada di Kecamatan Talang Padang, Paiker dan Ulu Musi, itupun tergantung curah hujan tinggi yang ada.


“BPBD telah mendapatkan informasi dari BMKG, selanjutnya informasi yang di dapat diteruskan ke kecamatan masing-masing,” bebernya.

Untuk mengantisipasi bencana alam tersebut ditambahkannya, pihaknya menyebar luaskan informasi potensi bencana dan terus memantau kondisi cuaca. Dan segera menyampaikan ke masyarakat jika ada potensi bencana.

“Selain itu kita juga menyiapkan tim TRC, menyiapkan peralatan dan logistik, koordinasi denga steakholder terkakit dan menyiapkan tempat pengungsian,” tandasnya.


Video Terkait:
Video : 7 Wilayah Empat Lawang Rawan Longsor
Editor: Beni Martha Daya