EKONOMI

Kemenkop UKM Libatkan UMKM di Ajang MotoGP Mandalika 2022

Menteri Koperasi dan UKM, Teteh saat meninjau sirkut mandalika, NTB Lombok. (Foto : Kemenkop UKM)
Menteri Koperasi dan UKM, Teteh saat meninjau sirkut mandalika, NTB Lombok. (Foto : Kemenkop UKM)

- Kementerian Koperasi dan UKM (MenKopUKM) siapkan pelaku UMKM di ajang MotoGP Mandalika 2022. Dilibatkannya pelaku UMKM diharapkan dapat mendongkrak ekonomi bagi pelaku UMKM.

"MotoGP Mandalika 2022 ini dirancang Presiden Joko Widodo (Jokowi)  untuk tiga hal. Yakni trading, tourism dan investasi. Untuk itu kita harus sukseskan MotoGP ini bukan hanya bagi NTB saja, tetapi juga bagi UMKM nya," ucap Menteri Teten saat meninjau kesiapan beberapa lokasi pameran pelaku UMKM di ajang MotoGP Mandalika 2022, di Lombok, NTB, Rabu (12/1).

Lanjutnya, adanya infrastruktur MotoGP ini patuh disyukuri karena manfaatnya sangat besar baik dari potensi dewa wisata, homestay, kuliner dan lainnya. Rencananya, akan ada lima titik lokasi stand yang disiapkan sebagai lokasi berjualan UKM saat pelaksanaan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Beberapa yang dikunjungi Menteri Teten di antaranya, di kawasan ITDC, satu titik di parkir timur, satu titik di parkir barat, dan tiga lokasi berada di dalam areal Sirkuit Mandalika.

Adapula lokasi tambahan lain yang sempat dikunjungi MenKopUKM adalah di kawasan kedatangan dan keberangkatan Lombok Internasional Airport. MotoGP Mandalika ini sendiri akan berlangsung dari 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB.

Terkait berapa jumlah UMKM yang akan turut serta, Menteri Teten belum bisa merinci. Namun diharapkan pada penyelenggaraanya nanti, semua UMKM telah siap. 


"Kami akan siapkan dalam 1 bulan ke depan sudah ada e-katalog untuk produk UMKM di MotoGP 2022 ini," kata Teten.

Sementara untuk kategori produk UMKM yang dilibatkan juga beragam, mulai dari kuliner, kerajinan, industri lain seperti sepeda atau motor listrik akan siap meramaikan event MotoGP Mandalika 2022. 

"Sekarang masih ada waktu persiapan tiga bulan ke depan. Semoga acara ini sukses dan membawa manfaat bagi semua," yakin Menteri Teten.

Editor: Beni Martha Daya