LIFESTYLE

Ciri Pemilik Boneka Bayi yang Harus Konsultasi ke Psikolog

Pengunjung mendatangi Toko Boneka di Jalan Hasanusi.(Foto: Pahmi Ramadan/infosumsel.ID)
Pengunjung mendatangi Toko Boneka di Jalan Hasanusi.(Foto: Pahmi Ramadan/infosumsel.ID)

- Reborn baby dolls atau boneka bayi tiruan, akhir-akhir ini viral bahkan di kalangan seleberiti Indonesia, sejak awal 2022.

Tidak hanya di kalangan seleberiti, bahkan beberapa artis terkenal Indonesia juga memiliki boneka yang diganjar harganya puluhan juta.

Menanggapi hal tersebut, Psikolog Asiawatie M. Psi dikonfirmasi mengatakan, tidak ada masalah apabila ada orang yang ingin mengoleksi boneka tersebut asal masih dalam batasan yang wajar.

"Kalau untuk mengikuti trend atau hanya sekedar untuk bersenang-senang tidak jadi masalah," ujarnya Jumat (14/1/2022).

Dijelaskan Asiawatie, yang  menjadi masalah atau tidak boleh bahwa pemilik boneka tersebut menganggap boneka bayi itu adalah manusia atau yang memiliki arwah, sehingga harus di jaga dengan baik bahkan menganggap seperti anaknya sendiri.


"Apabila pemilik boneka itu menganggap boneka bayi tersebut manusia atau memiliki arwah mungkin harus diadakan pemeriksaan lebih lanjut lagi ke psikolog", katanya.

Asiawatie mengungkapkan, kemungkinan ada faktor atau hal sebelumnya yang menyebabkan orang memiliki boneka bayi layaknya anak sendiri ataupun memiliki nyawa.

"Mungkin ada masalalu dari orang tersebut sehingga dia menggagap boneka tersebut memiliki nyawa atau diaganggap seperti anaknya sendiri, jadi kita tidak boleh me judge orang tersebut tanpa tahu masa lalunya," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang penjual boneka di Jalan Hasanusi, Kecamatan Sukarami mengaku tidak menjual boneka Reborn baby dolls atau boneka bayi tiruan yang dimiliki para artis Indonesia.

"Harganya mungkin fantastis yang bisa-bisa puluhan juta. Disini kita tidak menjual boneka seperti yang dimiliki artis-artis tersebut," ujarnya Jumat (14/1/2022).

Dikatakan penjual boneka yang enggan disebutkan nama tersebut, bahwa toko boneka miliknya hanya menjual boneka-boneka yang biasa dijual pada umumnya, seperti boneka hewan, buah-buahan dan jenis boneka lainnya.

"Disini kita menjual boneka paling murah Rp 20 ribu dan paling mahal Rp 400 ribu," katanya.

Ditambahkannya, biasanya boneka yang dimilili para artis Indonesia tersebut dipesan melalui luar negeri.

"Ya mungkin, boneka yang dimiliki artis-artis tersebut beli atau mesannya dari luar negeri," tutupnya.

Sementara itu Lisa (20) warga Jalan Sosial KM 5, mengatakan bahwa ia sangat menyukai boneka.

"Saya begitu menyukai boneka, bahkan di kamar saya ada beberapa jenis boneka," kata Lisa.

Dikatakan Lisa, untuk boneka yang dimiliki para artis Indonesia mungkin terlalu mahal.

"Pengen juga sih buat koleksi boneka bayi yang dimiliki artis-artis Indonesia itu, tapi mahal ya bisa-bisa nanti harganya puluhan juta bahkan lebih. Ya beberapa boneka yang saya miliki di rumah sudah cukup membuat saya senang," tutupnya.

 

 

 

 

 

 

 

Editor: Intan Sriwidari