SUMSEL RAYA

BBWSS Siapkan Rp98 M Restorasi Kembali Sungai Sekanak

Sungai Sekanak menjadi salah satu destinasi baru di kota Palembang. (Foto : istimewa)
Sungai Sekanak menjadi salah satu destinasi baru di kota Palembang. (Foto : istimewa)

- Balai Besar wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) wilayah VIII akan kembali melanjutkan restorasi Sungai Sekanak Lambidaro. Mulai dari jembatan PIM mal hingga samping DPRD provinsi Sumsel dengan dana Anggaran APBN disiapkan hingga Rp98 miliar.

Saat ini, BBWS Wil VIII telah merampungkan restorasi Sungai Sekanak Lambidaro sepanjang 800 meter. Mulai dari jembatan karang,  26 Ilir, hingga jembatan PIM. Tahun ini restorasi sungai Sekanak Lambidaro akan kembali dilanjutkan pada awal Maret mendatang.
 
“Ini akan kita lanjutkan nanti di tahun ini. Kita baru tender ini. Mungkin nanti di awal Maret kita baru mulai bekerja sampai akhir Desember 2022,” ungkapnya Kepala BBWSS WILAYAH VIII Mardi Utomo Jum’at (14/1/2022).

Selain kembali melanjutkan restorasi Sungai Sekanak Lambidaro, anggaran Rp98 miliar itu juga digunakan untuk menata segmentasi belakang pasar 26 Ilir yang kini masih belum diselesaikan.

Sungai Sekanak Lambidaro yang memiliki panjang 10.9 km ini, dijelaskan Maryadi baru sekitar 1.2 km yang telah direstorasi. Dan pada tahap kedua ini akan dilanjutkan dengan merestorasi sepanjang 1.6 km.

“Yang kedua ini nilai tendernya Rp 98 miliar, panjangnya 1.6 km. Pengerjaannya sama akan dibuat turap segala macam, dan tentunya kita wajibkan penataan,” ungkapnya.



Video Terkait:
Video : Normalisasi Saluran Air, Rusun Dibongkar
Editor: Beni Martha Daya